Tim F&B eL Hotel Banyuwangi antusias ikuti sesi pelatihan kopi di coffee bar Gandrung Lounge. (Foto: Firman)
KabarBanyuwangi.co.id – Upaya meningkatkan kualitas
pelayanan serta pengetahuan staf di berbagai bidang terus dilakukan oleh eL
Hotel Banyuwangi.
Kali ini, hotel bintang empat yang berlokasi di pusat kota
tersebut menggandeng Gesha Coffee and Roastery untuk menggelar sesi pelatihan
kopi bagi seluruh tim Food and Beverage (F&B), Kamis (12/6/2025).
Bertempat di Gandrung Lounge, pelatihan ini diikuti tidak
hanya oleh barista, tetapi juga seluruh tim F&B, termasuk waiter, bartender, hingga staf banquet.
Tujuannya adalah membekali seluruh tim, baik itu
supervisor, maupun staf dengan pengetahuan dasar mengenai kopi khususnya
kopi-kopi lokal khas Banyuwangi.
Restaurant and Banquet Manager (RBM) eL Hotel Banyuwangi,
Christian Nur Ardianto, mengatakan bahwa
industri kopi di Banyuwangi sangat potensial. Banyak tamu yang tertarik dengan
kopi lokal seperti Java Ijen Arabica Banyuwangi.
“Pelatihan ini kami adakan agar seluruh staf, tak hanya
barista, memahami dan bisa menjelaskan karakter serta asal-usul kopi, khususnya
kopi lokal Banyuwangi yang kami sajikan,” ungkap pria asal Solo ini.
Menurut Christian, pelatihan ini mencakup berbagai aspek
mulai dari sejarah kopi, proses penanaman, panen, hingga penyeduhan. Dengan
pengetahuan yang merata di semua lini F&B, diharapkan pengalaman tamu dalam
menikmati kopi di eL Hotel Banyuwangi menjadi lebih berkesan dan edukatif.
Pelatihan ini menghadirkan Tiar, Manager Albirru Coffee and
Eatery sekaligus praktisi kopi yang telah berkiprah di bidang perkopian selama lebih dari 10
tahun.
Dalam sesi ini, peserta diajak mengenal berbagai teknik
manual brewing seperti V60, Tubruk, Vietnam Drip, hingga semua metode yang akan
diterapkan langsung di coffee bar Gandrung Lounge.
“Melalui kolaborasi ini, kami ingin meningkatkan pemahaman
staf hotel terhadap kopi, khususnya kopi lokal,” ujar M. Emir Yusuf, owner Gesha Coffee and
Roastery sekaligus Albirru Coffee and Eatery yang mendampingi langsung sesi
training ini.
“Diharapkan, para staf bisa menyampaikan cerita dan cita
rasa kopi kepada tamu secara menyeluruh. Ini penting untuk membangun
hospitality yang tak hanya ramah, tapi juga berpengetahuan,” imbuhnya.
Gesha Coffee sendiri merupakan penyedia biji kopi yang
telah lama bekerja sama dengan eL Hotel Banyuwangi sejak masa pra-operasional.
Emir menyebut, kemitraan ini tak hanya sebatas suplai beans, tetapi juga
sebagai dukungan peningkatan kualitas SDM perhotelan di sektor F&B.
Christian Nur Ardianto, RBM eL Hotel Banyuwangi ikut dampingi langsung sesi training. (Foto: Firman)
Menariknya, ke depan eL Hotel Banyuwangi juga tengah
menyiapkan berbagai varian minuman kopi terbaru, termasuk racikan kopi kekinian
yang menyasar pasar anak muda.
Tak hanya hot dan iced cappuccino dengan campuran kopi
lokal, namun juga varian dengan sentuhan alkohol yang tengah naik daun.
“Produk-produk ini nantinya akan menjadi unggulan Gandrung
Lounge. Sekaligus menjadi identitas hotel dalam mengangkat potensi kopi
Banyuwangi,” tambah Christian yang menjabat RBM eL Hotel Banyuwangi sejak tahun
2018 itu.
Dengan semangat ini, eL Hotel Banyuwangi menunjukkan
komitmennya untuk terus mendukung kopi lokal bukan hanya sebagai sajian, tetapi
juga sebagai bagian dari budaya dan daya tarik pariwisata Banyuwangi. (man)