Gegara Anak Main Api, Rumah Warga Siliragung Ludes TerbakarBPBD Banyuwangi


Gegara Anak Main Api, Rumah Warga Siliragung Ludes Terbakar

Keterangan Gambar : Rumah keluarga Sujiatno nyaris rata dengan tanah usai terbakar. (Foto: Istimewa)

KabarBanyuwangi.co.id - Gara-gara anak main korek api, rumah keluarga Sujiatno (60) di Dusun Seloagung, Desa/Kecamatan Siliragung, Banyuwangi, ludes terbakar. Peristiwa kebakatan terjadi pada Kamis (22/9/2022) pagi.

Sekretaris Camat Siliragung, Bintang Rb Putra mengatakan, anak yang bermain korek api itu adalah YY (35), penghuni rumah, diketahui mengidap gangguan jiwa.

"Kondisi kejiwaan yang bersangkutan memang agak terganggu. Jadi dia main korek api sambil pegang sapu," ucap Bintang.

Baca Juga :

Kemungkinan, api membakar sapu dan selanjutnya menyambar ke perabotan yang ada di dalam rumah. Beruntung peristiwa tersebut tak ada korban jiwa. YY yang saat itu berada di dalam rumah berhasil diselamatkan oleh warga sekitar sebelum api membesar dan meludeskan bangunan beserta isinya.

"Tak ada korban jiwa. Penghuni rumah sempat berteriak minta tolong kemudian dievakuasi sebelum api membesar," jelasnya.

Dikatakan Bintang, saat kejadian YY tinggal seorang diri. Karena Sujiatno sedang sedang pergi berobat ke Probolinggo dan tinggal di rumah istrinya disana. "Pak Sujiatno pergi berobat ke Probolinggo sudah 1 bulan karena kondisi kakinya lemas," ucap Bintang.

Relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Banyuwangi, Ismanto menambahkan, api benar-benar padam setelah beberapa jam kejadian.

"Kami petugas bersama masyarakat setempat bahu-membahu memadamkan api yang membakar rumah," ujar Ismanto.

Akibat kebakaran tersebut, total kerugian pemilik rumah ditaksir mencapai Rp 30 juta. "Beruntung hanya korban material. Dan tidak ada korban jiwa," tutupnya. (fat)