(Foto: humas/kab/bwi)
KabarBanyuwangi.co.id -
Mengawali hari pertama masuk kantor seusai libur lebaran, Bupati Banyuwangi
Ipuk Fiestiandani meninjau pelaksanaan layanan publik dan kantor pemerintahan,
Rabu (25/4/2023).
"Selain soal disiplin
kerja para ASN, kami juga ingin memastikan semua pelayanan telah dibuka dan
berjalan dengan baik di hari pertama masuk kerja ini. Pastinya banyak warga
yang sudah menunggu layanan dari kita, tidak boleh ada yang belum buka,"
kata Ipuk yang selama sidak didampingi Sekretaris Daerah, Mujiono.
Salah satu yang ditinjau
Ipuk adalah Dinas Kependudukan dan Capil. Di sana, Ipuk mengecek layanan drive
thru administrasi kependudukan (Adminduk).
Salah satu warga yang
memanfaatkan layanan drive thru tersebut adalah Rahmat Basuki. Rahmat yang
sudah beberapa tahun ini bekerja di Mojokerto memanfaatkan hari pertama kerja
ini untuk mengurus KTP. "Kebetulan lagi mudik, langsung ke Kantor
Dispenduk mau cetak KTP baru. Langsung diproses, cepat dan mudah," kata
Rahmat.
Selama libur Lebaran,
Dispendukcapil membuka layanan. Ini dilakukan untuk memfasilitasi warga yang
sedang mudik ke Banyuwangi sekaligus untuk mengurus surat kependudukan. Selama
tiga hari membuka layanan (19 – 21 April 2023), setidaknya ratusan pemudik
memanfaatkan layanan ini.
Ipuk juga memantau layanan
di Mall Pelayanan Publik (MPP) yang merupakan jujugan masyarakat yang hendak
mengurus beragam perizinan dan berbagai dokumen. Di sana, Ipuk keliling ke
berbagai loket pelayanan guna memastikan semuanya sudah aktif dan para
pengunjung dapat terlayani dengan baik.
"Setelah libur panjang,
biasanya banyak warga yang mengurus berbagai keperluannya. Nah kami ingin
memastikan warga terlayani dengan baik. Apalagi momen Lebaran ini tak jarang
dimanfaatkan oleh pemudik untuk mengurus dokumen-dokumen. Jadi kita semua harus
siap melayani,” kata Ipuk.
Seperti yang dilakoni Luhur
Ura asal Kecamatan Giri yang selama ini tinggal di Jayapura. Dia hendak
memperbaharui data di KTP. “Saya manfaatkan liburan ini untuk memperbarui
identitas yang ada di KTP,” ujarnya.
Dalam peninjauan tersebut,
Ipuk sempat mendapat masukan dari warga untuk bisa menambah petugas di loket
layanan. “Ya tadi memang layanan adminduk di Mall PP, kami tadi minta untuk
segera ditambah petugas. Jangan sampai ada antrian yang terlalu panjang. Kalau
perlu ditambah petugas, agar warga cepat terlayani," ujar Ipuk.
Selain layanan adminduk,
Ipuk juga meninjau kantor Dinas PU Cipta Karya Perumahan dan Permukiman (PU
CKPP). Di sana Ipuk memastikan progres pembangunan jalan yang sedang dan akan
dilaksanakan.
"Progres pembangunan
jalan terus kita pantau, selain itu juga saya cek layanan perijinan yang
dilayani Dinas PU. Kita diskusi apa saja kendala dan bagaimana solusinya,"
kata Ipuk.
Selanjutnya, Ipuk juga
mengecek Dinas Pemadam Kebakaran dan pelayanan di Dinas Kesehatan untuk
memastikan pemberian layanan kesehatan tetap berjalan dengan baik. Menurut dia,
setelah liburan biasanya banyak warga yang datang ke puskesmas untuk periksa
kesehatan. Selama libur lebaran kemarin, terdapat 28 puskesmas dan 19 pos
layanan kesehatan yang disiagakan.
“Terima kasih kepada seluruh
petugas, baik petugas kesehatan, pengatur lalu lintas, TNI Polri, dan semua
petugas yang tetap bekerja selama Lebaran. Karena dengan dedikasi mereka, semua
warga bisa merayakan Lebaran dengan aman dan lancar,” pungkas Ipuk.
(humas/kab/bwi)