Haul Masayikh Ponpes Darussalam Blokagung Digelar Secara VirtualPonpes Blokagung


Haul Masayikh Ponpes Darussalam Blokagung Digelar Secara Virtual

Keterangan Gambar : Suasana peringatan Haul Masayikh di Masjid Darussalam. (Foto: Hasyim Iskandar)

KabarBanyuwangi.co.id - Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam Blokagung, memperingati haul pendiri PP. Darussalam Blokagung almarhum KH. Mukhtar Syafaat Abdul Ghofur ke 31, sekaligus Nyai Hj. Siti Maryam Syafaat ke 39, dan Nyai Hj. Siti Musyarofah Sayafaat ke 22 di Masjid Darussalam, Senin (1/3/2021).

Peringatan Haul kali ini berbeda dari tahun- tahun sebelumnya. Jika sebelumnya setiap haul selalu mengundang alumni, wali santri, simpatisan dan masyarakat yang hadir dari seluruh pelosok Indonesia, namun kali ini haul digelar secara virtual.

Mereka yang hadir langsung hanya santri pondok dan sejumlah pengurus. Selian itu, ada juga sejumlah tokoh masyarakat Banyuwangi, beberapa pengurus pusat Alumni Asuhan Darussalam Blokagung (Al-Adab). Acara digelar, dengan mematuhi protocol kesehatan secara ketat, dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Baca Juga :

Sejumlah pengurus yang ada di daerah seperti Sumatera, Sulawesi, Jawa Tengah dan beberapa provinsi lainya tetap bisa mengikuti acara secara daring via zoom, dan mengadakan jamaah di daerahnya masing-masing.

Pengasuh Ponpes Darussalam Blokagung, KH. Ahmad Hisyam Syafaat, menyampaikan beberapa hal, diantaranya adalah rasa terimakasih kepada berbagai pihak. Mengingat bisa melanjutkan pondok-pondok pesantren, lembaga pendidikan di tengah masyarakat, baik diniyah yasin tahlil dan manaqiban. Untuk melanjutkan itu semua mulai tahun 80, PP. Darussalam menambah pendidikan formal, yang dulu diprakarsasi Kiai Hasyim.


Keterangan Gambar : Sambutan pengasuh PP. Darussalam Blokagung, KH. Ahmad Hisyam Syafaat, S.Sos.I, M.H. (Foto: Hasyim Iskandar)

“Syukur Alhamdulillah, pendidikan madrasah diniyah di sini (PP. Darussalam Blokagung-red) kenceng sekenceng-kencengnya (maju dengan pesat, sebagai bukti anak santriwati saja yang menghafalkan Al-Quran lebih dari 500 anak, dari berbagai daerah,” terangnya.

Sambutan Alumni dan Testimony  disampaikan KH. Nur Hadi, Pengasuh PP. Darul Huda Karangtemplek, sebagai Mau’idloh Hasanah, mengajak kepada para hadirin untuk ikut menjaga dan melestaraikan PP. Darussalam Blokagung.

“Ya anaknya di sekolahkan di sini saja, nanti di sini akan dibimbing oleh para masayih sekalian. Insyaallah nanti anaknya akan menjadi sholeh sholehah, berguna bagi agama, nusa  dan bangsa,” ujar Kyai Nur Hadi.

Sebagai pembicara dalam acara Haul adalah, KH. Abdulloh Syamsul Arifin (Gus AAB) Pengasuh PP. Darul Arifin Bangsalsari Jember memberikan tambahan nasihat-nasihatnya,

“Wujud bukti bakti dari para putra itu adalah bagaimana wujud atsar itu berlanjut. Ini tanggung jawab para putra dan para alumni, tinggalan beliau dari tahun ke tahun semakin besar yang sekarang pendidikan seluruh unit sudah lengkap, tinggal ini tantanganya bagaimana tetap eksis dan terus berkembang yang ini akan menjadi aliran pahala yang tidak akan pernah berhenti,” terangnya. (sim)