Iklan Banner Atas Kokoon Hotel Banyuwangi

Kebakaran Hutan di Pegunungan Ijen Terlihat dari WongsorejoTWA Kawah Ijen


Kebakaran Hutan di Pegunungan Ijen Terlihat dari Wongsorejo

Keterangan Gambar : Titik api di kawasan Pegunungan Ijen terpantau dari satelit. (Foto: TWA Kawah Ijen)

KabarBanyuwangi.co.id - Kebakaran hutan terjadi di kawasan Pegunungan Ijen, Banyuwangi, Selasa (12/10/2021) malam.

Api terlihat jelas oleh warga yang berada di wilayah Kecamatan Wongsorejo. Meski tampak membara, dipastikan kebakaran masih dalam batas aman karena jauh dari jangkauan pemukiman penduduk.

Kepala Pos Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, Sigit Haribowo mengatakan hingga kini pihaknya masih melakukan tinjau lapang untuk memastikan titik pasti lokasi api berada.

Baca Juga :

Namun, dari pantauan satelit, dua titik api terpantau sudah mulai masuk ke wilayah Cagar Alam Ijen.

"Ada lebih dari tujuh titik api kalau dilihat dari satelit pada pukul 22.18 WIB Selasa malam. Dua titik api berwarna orange berada di kawasan Cagar Alam Ijen. Sementara yang lainnya di luar kawasan Cagar Alam," kata Sigit.

Sigit menambahkan, sebagian titik api yang berada di luar kawasan Cagar Alam Ijen terpantau sudah berwarna merah, yang artinya kobaran api sudah semakin besar.

"Pantauan satelit menangkapnya dari panas api. Jika semakin panas, maka warnanya menjadi merah. Titik api di luar kawasan Cagar Alam Ijen banyak yang sudah berwarna merah. Kemungkinan itu di kawasan Perhutani," tambahnya.

Sejauh ini, dari kawasan Paltuding Ijen api kebakaran masih belum terlihat. Pihaknya terus melakukan pemantauan di sepanjang jalur pendakian mengingat saat ini jalur pendakian untuk wisatawan sudah dibuka kembali.

"Untuk kawasan Paltuding aman. Api juga tidak terlihat dari Paltuding. Kami sudah lakukan pemantauan hingga beberapa kilometer ke atas jalur pendakian dan jalur masih aman. Mudah-mudahan kebakaran tidak semakin meluas," pungkasnya. (man)