Keren, Track Cross Country Standart Olimpiade Ada di BanyuwangiAghatis Forest Track Banyuwangi


Keren, Track Cross Country Standart Olimpiade Ada di Banyuwangi

Keterangan Gambar : Atlet XC Banyuwangi siap mencoba sirkut XC Agathis Forest Track. (Foto: Sandy)

KabarBanyuwangi.co.id - Bagi pesepeda, utamanya di wilayah Jawa Timur, kabupaten Banyuwangi, menjadi tempat favorit untuk dijadikan rute atau track bersepeda.

Selain medanya menantang, para pesepeda juga dapat menikmati indahnya pemandangan disepanjang rute yang dilewati, seperti pegunugan, hutan, pantai dan beberapa obyek wisata lainya. 

Untuk melengkapi track yang dapat memacu adrenalin, Aghatis Forest Track, berada kawasan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Banyuwangu Barat, tepatnya Desa Banjar, Kecamatan Licin, disiapkan bagi para peseda.

Baca Juga :

Aghatis Forest Track memilik bike track cross country (XC) berstandart olimpiade, peresmiannya ditandai dengan seleksi atlet (XC) Banyuwangi, proyeksi Porprov 2022, Minggu (20/3/2022).

Administratur KPH Banyuwangi Barat, Dedy Siswandhi mengatakan, Aghatis Forest Track merupakan komitmen dari KPH Banyuwangi Barat dalam mendukung sport turism di Banyuwangi.

Sirkuit XC yang dibangun di tengah hutan pinus damar tersebut, diharapkan menjadi tempat mendidik talenta atlet Banyuwangi, sekaligus tempat latihan bagi atlet-atlet nasional.

"Sinergi ini kami harapkan bisa berkelanjutan, dan dikelola dengan baik, sehingga bisa menjadi tempat latihan bagi talenta atlet sepeda di Banyuwangi," kata Dedy Siswandi, Minggu (20/3/2022).


Para atlet XC Banyuwangi mulai mencoba sirkut XC Agathis Forest Track. (Foto: Istimewa)

Pengelola Aghatis Forest Track, Udianto menjelaskan, untuk awal bike track yang tersedia adalah sirkuit cross country (XC) dan Downhill, khusus untuk XC di sepanjang jalur trek.

Selain itu juga terdapat banyak obstacle, tanjakan dan turunan, mulai secara beruntun seperti roller coaster (rollers), turunan curam tunggal (speed jump), serta tanjakan kategori black doble diamond dengan gradien hingga 30 persen, yang akan memacu adrenalin pesepeda.

"kita sengaja membuat sirkuit berstandart XCO (olimpiade), dengan karakter native soil (tanah asli), beberapa obstacle dengan tingkat kesulitan bervariasi, sehingga bisa menjadi jujugan bagi atlet nasional," jelas Udianto.

Aghatis Forest Track yang memiliki luas sekitar 150 hektar, tidak hanya memanjakan bagi pecinta sepeda. Kawasan tersebut juga akan dibangun jalur khusus pecinta lari lintas alam (Trail Run), tracking, dan ruang edukasi anak, sehingga yang datang tidak hanya cyclis, melainkan pecinta olahraga lainnya. (san)