Niat Mencari Kerja, Pria Ini Malah Kepergok Mencuri di Pasar RogojampiPolsek Rogojampi


Niat Mencari Kerja, Pria Ini Malah Kepergok Mencuri di Pasar Rogojampi

Keterangan Gambar : Terduga pelaku pencurian, WS (44) diamankan di Mapolsek Rogojampi. (Foto: Istimewa)

KabarBanyuwangi.co.id - Pria berinisial WS (44), jauh-jauh datang dari Kecamatan Mayang, Kabupaten Jember, berniat mencari kerja di Banyuwangi. Tapi, dia malah kepergok mencuri di Pasar Rogojampi, Banyuwangi.

WS tertangkap tangan mencuri sejumlah uang dari dalam dompet yang tergeletak di salah satu toko dalam pasar. Aksinya nyaris dihajar massa. Beruntung ada warga yang melerai kemudian menyerahkan WS kepada pihak berwajib.

Kapolresta Banyuwangi, AKBP Deddy Foury Millewa melalui Kasi Humas Iptu Lita Kurniawan mengatakan, aksi WS dilaporkan ke Polsek Rogojampi, Sabtu siang (4/6/2022) kemarin. "WS diduga melakukan tindak pidana pencurian. Kasusnya ditangani Reskrim Polsek Rogojampi," ujar Lita, Minggu (5/6/2022).

Baca Juga :

Lita menyampaikan kronologis kejadian, awalnya WS saat itu keliling berniat mencari pekerjaan di Pasar Rogojampi. WS mengaku menganggur sejak seminggu memginap di rumah orang tuanya, di Desa Watukebo, Kecamatan Rogojampi.

"WS datang ke pasar mengenakan baju lengan pendek warna hitam dan celana panjang warna krem," kata Lita.

Iptu Lita Kurniawan menambahkan, saat berkeliling di dalam pasar, WS melihat dompet tergeletak di atas meja kasir salah satu toko. Dia akhirnya masuk toko sepatu milik Suhami (55), warga Desa/Kecamatan Rogojampi.

Barang bukti uang hasil curian dan pakaian yang dikenakan pelaku diamankan. (Foto: Istimewa)

Begitu masuk toko, WS berpura-pura menjadi pembeli. Ketika pemilik toko sibuk melayani pembeli lainnya, WS dengan cepat mendekat ke meja kasir lalu membuka dompet yang tergeletak, kemudian mengambil uang sebanyak Rp. 3 juta dari dalam dompet. “Uang tersebut berusaha dimasukkan ke dalam kantong celana WS,” tambah Lita.

Apesnya, aksi WS diketahui pengunjung pasar lainnya yang kemudian meneriakinya maling. WS pun lari terbirit-birit dikejar warga pasar. Tak lama setelahnya, WS berhasil ditangkap kemudian diserahkan ke kepolisian.

"Pelaku berserta barang bukti berupa pakaian pelaku dan uang hasil curian senilai Rp. 3 juta diamankan di Polsek Rogojampi," kata Lita.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, WS di tahan di ruang tahanan Polsek. Dia dikenai Pasal 362 ayat (1) KUHP tentang Tindak Pidana Pencurian. (fat)