Iklan Banner Atas Sumail Abdullah Ucapan Idul Adha

Tim SAR Gabungan Evakuasi Barang Berharga Milik Korban Tanah LongsorTanah Longsor


Tim SAR Gabungan Evakuasi Barang Berharga Milik Korban Tanah Longsor

Keterangan Gambar : Tim SAR gabungan bergotong royong membersihakn longsoran tanah yang menimbun tiga rumah warga. (Foto: Firman)

KabarBanyuwangi.co.id - Setelah berhasil mengevakuasi korban yang tertimbun, Tim SAR gabungan bersama warga langsung mencari barang-barang berharga milik korban tanah longsor di Dusun Sedang, Desa Pakel, Kecamatan Licin, Banyuwangi, Kamis (17/6/2021).

Tiga rumah milik satu keluarga yang berada di bawah tebing, kini sudah tak terlihat lagi, karena hampir seluruh bangunan hancur dan tertimbun longsoran tanah dari tebing setinggi 10 meter yang ada di atasnya.

“Untuk penanganannya dari kita Koramil Licin paling awal membantu pemakaman korban. Selanjutnya kita membersihkan puing-puing yang ada di rumah korban,” kata Danposramil Licin, Peltu Agus Sugiarto.

Baca Juga :

“Barang-barang yang berhasil di evakuasi ada 3 sepeda motor, 1 Jupiter dan 2  Honda Supra, untuk sepeda gayung rencana mau dievakkusi juga bersama TNI-Polri dan BPBD,” imbuhnya.

Peltu Agus Sugiarto menambahkan, proses evakuasi hanya bisa dilakukan dengan tenaga manusia. Mengingat untuk menuju lokasi kejadian hanya bisa dilalui menggunakan sepeda motor dan berjalan kaki.


Masyarakat dan TNI-Polri mengevakuasi kendaraan yang berhasil diselamatkan. (Foto: Firman)

"Alat berat ga bisa masuk kerena akses menuju lokasi sangat sulit, jadi hanya menggunakan tenaga manual masyarakat. Kita sudah meminta bantuan personil gabungan tambahan dari Kodim, hari ini juga sudah siap diterjunkan,” ucap Peltu Agus Sugiarto.  

“Kami mengimbau kepada masyarakat, karena masih memasuki musim penghujan, kita minta untuk tetap waspada akan datangnya longsor susulan. Mengingat tebing-tebing yang ada di dekat pemukiman warga ini masih berpotensi longsor jika hujan lebat kembali melanda kawasan ini,” imbuhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, musibah tanah longsor yang menimbun tiga rumah ini terjadi pada Kamis dini hari. Longsor terjadi akibat hujan lebat melanda kawasan ini dengan durasi lebih dari tiga jam.

Dua dari tujuh anggota keluarga tertibun longsoran tanah lantaran masih tertidur di dalam kamarnya saat peristiwa terjadi. Seorang nenek berhasil selamat setelah petugas dibantu masyarakat mengevakuasinya dari reruntuhan bangunan.

Sementara sang cucu nyawanya tak tertolong, lantaran seluruh tubuhnya tertimbun tanah longsor selama berjam-jam. Setelah berhasil dievakuasi, jenazah korban Ardi, bocah berumur 11 tahun yang saat kejadian masih tertidur lelap di dalam kamarnya, langsung dimakamkan di TPU tak jauh dari lokasi kejadian. (man)


Video Terkait: