Warga Muncar Geger Ular Kobra 2 Meter Masuk RumahDamkar Banyuwangi


Warga Muncar Geger Ular Kobra 2 Meter Masuk Rumah

Keterangan Gambar : Ular jenis Kobra berukuran besar masuk rumah dan naik di atas meja ruang tamu yang dipenuhi toples kue. (Foto: Tangkapan Layar)

KabarBanyuwangi.co.id - Seekor ular Kobra berukuran besar menggegerkan warga di Desa Wringin Putih, Kecamatan Muncar, Banyuwangi. Ular berbisa ini masuk ke rumah warga, tengah berada di atas meja.

Aksi ular jenis Kobra dengan panjang sekitar 2 meter tersebut sempat direkam ponsel dan viral di media sosial. Dalam video berdurasi 30 detik tersebut, nampak seekor Kobra berada di atas meja yang masih dipenuhi toples kue Lebaran.

Ular tersebut nampak agresif dan mengembangkan tudung kepalanya saat pemilik rumah merekamnya melalui jendela luar rumahnya. 

Baca Juga :

Lida, pemilik rumah mengaku terkejut ketika mendapati ular kobra itu sudah berada di meja ruang tamunya. Ia tak tahu secara pasti dari mana datangnya ular tersebut. 

Aksi ular kobra tersebut membuat pemilik rumah panik dan kocar-kacir. Lida dan keluarganya langsung berlarian keluar rumah karena khawatir diserang ular berbisa itu.

"Kejadiannya tadi malam (Senin 16 Mei 2022). Saya sama keluarga langsung lari ke luar rumah," katanya saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (17/5/2022).

Setelahnya, Lida lantas melaporkan kejadian di rumahnya itu ke petugas Dinas Damkar Banyuwangi. sehingga segera dapat tertangani.


Petugas Damkar Banyuwangi, mengangkat seekor ular kobra sepanjang 2 meter yang masuk rumah warga Kecamatan Muncar. (Foto: Istimewa)

Kabid Pencegahan dan Penyelamatan Dinas Damkar Banyuwangi, Wahyudi Eko Prasetyo mengatakan, setelah menerima kabar tersebut pihaknya langsung memerintahkan Tim Regu I dan Relawan Aden Sadewa untuk melakukan evakuasi.

Menurut Wahyudi, proses evakuasi ular Kobra ini cukup menguras tenaga petugas. Sebab, selain ukurannya yang besar, ular tersebut sangat agresif dan beberapa kali hendak menyerang petugas. Beruntung masih bisa dapat dikendalikan.

"Proses evakuasi memakan waktu sekitar 30 menit. Ular berhasil ditangkap menggunakan penjepit," tambahnya.

Diduga kuat, ular tersebut berasal dari perkebunan nanas yang lokasinya tak jauh dari pemukiman warga. 

"Usai proses evakuasi, kita sempat menyisir dan mengecek area sekitar rumah untuk mengantisipasi adanya ular yang bersembunyi, namun tidak ada. Saat ini ular Kobra sudah kita serahkan ke BKSDA Banyuwangi untuk dilepaskan ke hutan agar tak membahayakan warga," pungkasnya. (fat)