Peluncuran inovasi Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan di RSUD Genteng, Banyuwangi. (Foto: Istimewa)
KabarBanyuwangi.co.id - BPJS Kesehatan Banyuwangi memperkenalkan dua inovasi terbarunya, yakni Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS).
Kedua inovasi tersebut dirancang untuk memaksimalkan pemberian informasi dan menangani pengaduan peserta di rumah sakit.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banyuwangi, Titus Sri
Hardianto mengatakan, sejak diluncurkan pada tahun 2014, Program JKN yang
diselenggarakan BPJS Kesehatan bertujuan memberikan perlindungan jaminan
kesehatan bagi seluruh penduduk.
Seiring dengan bertambahnya jumlah peserta JKN, BPJS
Kesehatan memandang perlu dilakukan transformasi terhadap mutu layanan.
"Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan ditempatkan
di seluruh rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” kata Titus
saat peluncuran inovasi ini di RSUD Genteng Banyuwangi, Jumat (29/09/2023).
“Petugas rumah sakit yang ditunjuk akan bertugas memberikan
informasi dan menangani pengaduan peserta JKN terkait pelayanan. Selanjutnya,
petugas akan mencatat pada aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan
(SIPP)," imbuhnya.
Titus menyebut, petugas rumah sakit juga dapat bekerja sama
dengan Petugas BPJS SATU atau BPJS Siap Membantu, baik dalam bentuk pelayanan
onsite maupun mobile, dalam rangka memastikan peserta menerima pelayanan yang
terbaik. Waktu pelayanan di loket ini disesuaikan dengan jam pelayanan rawat
jalan di rumah sakit.
"Keberadaan loket pelayanan informasi ini ditandai
dengan adanya signage (papan petunjuk). Lokasi loket pelayanan informasi ini
diprioritaskan berada pada area di rumah sakit yang mudah terlihat dan diakses
peserta, seperti di area pintu masuk atau area administrasi pelayanan
JKN," kata Titus.
Direktur RSUD Genteng, Siti Asiyah Anggraeni mengapresiasi
inovasi loket pelayanan informasi ini tentunya akan sangat memudahkan peserta
dalam mendapatkan informasi.
“Ini sangat baik dan kami harapkan bahwa informasi terkait
BPJS Kesehatan bisa langsung sampai kepada peserta,” katanya.
Asiyah juga mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan
yang terus memberikan perbaikan agar pelayanan di fasilitas kesehatan bisa
semakin mudah, cepat dan setara.
“Tentu kami akan memberikan yang terbaik kepada masyarakat
dan tidak akan membeda-bedakan pelayanan, apalagi dengan adanya loket pelayanan
informasi ini, semua informasi bisa kami sampaikan dan pasien bisa puas dengan
pelayanan yang kami berikan,” ucapnya.
Inovasi lainnya, Portal Quick Response (POROS) yang
ditempatkan di fasilitas kesehatan. Inovasi ini membawa kemudahan digital bagi
peserta JKN dalam mengakses aplikasi pendukung yang disediakan BPJS Kesehatan
untuk memperlancar proses pelayanan di fasilitas kesehatan.
POROS terdiri dari aplikasi Kesan dan Pesan Setelah Layanan
(KESSAN), SIPP, Antrean, dan Web Skrinning yang dapat dimanfaatkan peserta
untuk mendapatkan dukungan layanan yang lebih mudah dan cepat.
"POROS BPJS Kesehatan dapat diakses oleh peserta JKN
yang sedang mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan, baik tingkat pertama
maupun tingkat lanjutan melalui x-banner atau poster yang tersedia di area
pendaftaran maupun pelayanan," tambahnya.
Kehadiran dua inovasi ini diharapkan bisa berdampak
terhadap peningkatan yang signifikan, mutu layanan dan kepuasan peserta. (*)