BPJS Kesehatan Banyuwangi Luncurkan Inovasi Layanan Informasi - PorosBPJS Kesehatan Banyuwangi

BPJS Kesehatan Banyuwangi Luncurkan Inovasi Layanan Informasi - Poros

Peluncuran inovasi Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan di RSUD Genteng, Banyuwangi. (Foto: Istimewa)

KabarBanyuwangi.co.id - BPJS Kesehatan Banyuwangi memperkenalkan dua inovasi terbarunya, yakni Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS).

Kedua inovasi tersebut dirancang untuk memaksimalkan pemberian informasi dan menangani pengaduan peserta di rumah sakit.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banyuwangi, Titus Sri Hardianto mengatakan, sejak diluncurkan pada tahun 2014, Program JKN yang diselenggarakan BPJS Kesehatan bertujuan memberikan perlindungan jaminan kesehatan bagi seluruh penduduk.

Baca Juga :

Seiring dengan bertambahnya jumlah peserta JKN, BPJS Kesehatan memandang perlu dilakukan transformasi terhadap mutu layanan.

"Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan ditempatkan di seluruh rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” kata Titus saat peluncuran inovasi ini di RSUD Genteng Banyuwangi, Jumat (29/09/2023).

“Petugas rumah sakit yang ditunjuk akan bertugas memberikan informasi dan menangani pengaduan peserta JKN terkait pelayanan. Selanjutnya, petugas akan mencatat pada aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP)," imbuhnya.

Titus menyebut, petugas rumah sakit juga dapat bekerja sama dengan Petugas BPJS SATU atau BPJS Siap Membantu, baik dalam bentuk pelayanan onsite maupun mobile, dalam rangka memastikan peserta menerima pelayanan yang terbaik. Waktu pelayanan di loket ini disesuaikan dengan jam pelayanan rawat jalan di rumah sakit.

"Keberadaan loket pelayanan informasi ini ditandai dengan adanya signage (papan petunjuk). Lokasi loket pelayanan informasi ini diprioritaskan berada pada area di rumah sakit yang mudah terlihat dan diakses peserta, seperti di area pintu masuk atau area administrasi pelayanan JKN," kata Titus.

Direktur RSUD Genteng, Siti Asiyah Anggraeni mengapresiasi inovasi loket pelayanan informasi ini tentunya akan sangat memudahkan peserta dalam mendapatkan informasi.

“Ini sangat baik dan kami harapkan bahwa informasi terkait BPJS Kesehatan bisa langsung sampai kepada peserta,” katanya.

Asiyah juga mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang terus memberikan perbaikan agar pelayanan di fasilitas kesehatan bisa semakin mudah, cepat dan setara.

“Tentu kami akan memberikan yang terbaik kepada masyarakat dan tidak akan membeda-bedakan pelayanan, apalagi dengan adanya loket pelayanan informasi ini, semua informasi bisa kami sampaikan dan pasien bisa puas dengan pelayanan yang kami berikan,” ucapnya.

Inovasi lainnya, Portal Quick Response (POROS) yang ditempatkan di fasilitas kesehatan. Inovasi ini membawa kemudahan digital bagi peserta JKN dalam mengakses aplikasi pendukung yang disediakan BPJS Kesehatan untuk memperlancar proses pelayanan di fasilitas kesehatan.

POROS terdiri dari aplikasi Kesan dan Pesan Setelah Layanan (KESSAN), SIPP, Antrean, dan Web Skrinning yang dapat dimanfaatkan peserta untuk mendapatkan dukungan layanan yang lebih mudah dan cepat.

"POROS BPJS Kesehatan dapat diakses oleh peserta JKN yang sedang mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan, baik tingkat pertama maupun tingkat lanjutan melalui x-banner atau poster yang tersedia di area pendaftaran maupun pelayanan," tambahnya.

Kehadiran dua inovasi ini diharapkan bisa berdampak terhadap peningkatan yang signifikan, mutu layanan dan kepuasan peserta. (*)