BPJS Kesehatan Banyuwangi Perkuat Peran Agen PESIAR untuk Perluas Jangkauan JKN di DesaBPJS Kesehatan Banyuwangi

BPJS Kesehatan Banyuwangi Perkuat Peran Agen PESIAR untuk Perluas Jangkauan JKN di Desa

Puluhan Agen PESIAR BPJS Kesehatan Banyuwangi mengikuti pembekalan. (Foto: Istimewa)

KabarBanyuwangi.co.id – BPJS Kesehatan Cabang Banyuwangi terus mengoptimalkan program Petakan, Sisir, Advokasi, dan Registrasi (PESIAR) guna memperluas cakupan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di desa-desa.

Sejak diluncurkan pada 2023, program ini semakin digencarkan dengan menggandeng perangkat desa sebagai Agen PESIAR yang berperan aktif dalam edukasi serta pendaftaran peserta JKN.

Sebagai langkah konkret, BPJS memberi pembekalan kepada 44 desa pada Kamis (6/2/2025).

Baca Juga :

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat peran Agen PESIAR dalam mensosialisasikan manfaat JKN dan membantu masyarakat dalam proses administrasi kepesertaan.

Kegiatan dibuka oleh Plt. Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banyuwangi, Ida Fauziah.

Ida Fauziah mengatakan, program ini diluncurkan untuk memastikan semua masyarakat mendapat perlindungan kesehatan.

"Agen PESIAR memiliki peran strategis dalam memetakan penduduk, advokasi dan administrasi lain sebagainya, serta memastikan seluruh masyarakat terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan sesuai dengan segmentasinya,” jelas Ida.

Ida juga mengingatkan bahwa masyarakat yang tidak mampu harus diajukan sebagai penerima bantuan iuran pemerintah, sedangkan yang mampu diarahkan untuk menjadi peserta mandiri.

Kepala BPJS Kesehatan Banyuwangi, Titus Sri Hardianto menyampaikan Agen PESIAR merupakan perpanjangan tangan BPJS Kesehatan. Keberadaannya diharapkan dapat membantu masyarakat mendapatkan informasi dan layanan JKN.

"Tahun 2025 jumlah Agen PESIAR bertambah menjadi 65 orang, dengan 24 desa lainnya yang masih dalam proses perjanjian kerja sama (PKS)," ujarnya.

"Agen PESIAR ini berperan dalam mempercepat proses pendaftaran, memperluas cakupan JKN, serta meningkatkan kepuasan layanan. Mereka akan bertugas untuk merekrut peserta dan memvalidasi data peserta yang ada di desa masing-masing," tambahnya.

Salah satu agen PESIAR dari Desa Sempu, Sugiyono berbagi pengalamannya dalam mendukung masyarakat desa mendapatkan layanan kesehatan.

“Saya senang bisa membantu warga saya, karena jarak dari Desa Sempu ke kota itu sekitar satu jam, ada juga warga yang tidak punya kendaraan, tidak punya ponsel sehingga akses mereka terbatas,” katanya.

“Sekarang, dengan saya menjadi Agen PESIAR, saya dapat membantu warga melakukan proses administrasi tanpa harus datang ke Kantor BPJS Kesehatan," imbuhnya.

Ia mengaku sering berkonsultasi dengan petugas BPJS Kesehatan jika menemui kendala, sehingga bisa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. (fat)