CIMB Niaga Gelar Workshop dan Kelas Jurnalisme InspiratifCIMB Niaga Banyuwangi

CIMB Niaga Gelar Workshop dan Kelas Jurnalisme Inspiratif

Acara Workshop dan Kelas Jurnalisme Inspiratif CIMB Niaga. (Foto : Istimewa)

KabarBanyuwangi.co.id, JAKARTA - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) konsisten mendukung peningkatan kompetensi jurnalis di Indonesia sebagai wujud tanggung jawab perusahaan untuk turut membangun industri pers yang sehat dan profesional.

Dukungan ini diwujudkan salah satunya melalui penyelenggaraan rangkaian kegiatan “CIMB Niaga Jurnalisme Inspiratif: Journalist Class & Workshop” di Jakarta dan Bogor pada 11-13 Desember 2025 yang diikuti 100 jurnalis dari berbagai daerah di Indonesia.

Dengan mengusung tema “Voyage of Stories” acara ini dikemas dengan konsep yang unik untuk merayakan peran jurnalis sebagai pengembara kisah yang menjembatani informasi dari Sabang sampai Merauke hingga mancanegara.

Baca Juga :

Corporate Communications Head CIMB Niaga Hery Kurniawan menyatakan, rangkaian kegiatan ini merupakan wadah sharing session antara rekan-rekan jurnalis bersama manajemen CIMB Niaga dan tokoh pers Indonesia.

Dalam acara ini, para jurnalis mendapatkan kesempatan mendalami langsung tentang perkembangan terbaru industri perbankan, strategi dan kinerja CIMB Niaga serta CIMB Niaga Syariah, hingga tren jurnalisme terkini. 

“Di tengah dinamika industri media dan perbankan saat ini, kolaborasi yang konstruktif antara perbankan dan media menjadi sebuah keniscayaan. Karena itu, CIMB Niaga konsisten menghadirkan beragam inisiatif untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi jurnalis, sekaligus memberikan apresiasi atas dukungan positif yang selama ini diberikan," kata Hery di Jakarta, Kamis (11/12/2025).

"Melalui program ini, rekan-rekan jurnalis memperoleh pengetahuan mengenai tren perbankan terkini, sekaligus mendapat pengalaman langsung (life experience) untuk berinteraksi dan mendapat inspirasi dari sejumlah tokoh jurnalistik Tanah Air. Hal ini sejalan dengan purpose CIMB Niaga, yaitu Advancing Customers & Society, di mana kami berkomitmen untuk terus membantu nasabah dan masyarakat termasuk rekan-rekan jurnalis dalam mewujudkan mimpi dan aspirasinya,” imbuhnya.

Selama kegiatan, peserta dapat memperdalam literasi perbankan dan mengasah keterampilan jurnalistik dari para narasumber. Mulai dari Presiden Direktur & CEO CIMB Niaga Lani Darmawan, Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi, Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara, Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal CIMB Niaga Fransiska Oei, Head of Emerging Business Banking CIMB Niaga Tony Tardjo.

Hadir pula Head of Sharia Consumer & EBB CIMB Niaga Bung Aldilla, Head of Digital Banking & Contact Center CIMB Niaga Lusiana Saleh, Strategic Insights & Investor Relations Head CIMB Niaga Teguh Sunyoto, dan aktris penggiat sustainability Nadine Chandrawinata. Adapun dari dunia jurnalisme yaitu Anggota Dewan Pers Abdul Manan serta para jurnalis senior Tri Agung Kristanto, Arbain Rambey, Aiman Witjaksono, Jeremy Teti, dan Rory Asyari.

Selain agenda tersebut, pada hari ketiga, para peserta mengikuti Kejar Mimpi Fest & The Cooler Earth di Jakarta Convention Center. Acara ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat Kejar Mimpi dan menggugah kesadaran publik pentingnya berkontribusi dalam mewujudkan bumi yang lebih lestari.

Sebagai puncak acara, CIMB Niaga menganugerahkan Penghargaan Jurnalisme Inspiratif kepada para pemenang yang merupakan gabungan pemenang dari Kompetisi Road to Jurnalisme Inspiratif yang digelar di 30 kota, kompetisi jurnalistik nasional “Aku & CIMB Niaga” yang telah berlangsung sepanjang 2025, serta apresiasi peserta terbaik. 

“Kami menyampaikan terima kasih atas partisipasi dari rekan-rekan jurnalis yang telah aktif dalam berbagai kegiatan dan kompetisi yang kami hadirkan tahun ini. Selamat kepada para pemenang dan nantikan terus berbagai inisiatif dari CIMB Niaga untuk dunia jurnalisme yang semakin berkualitas di Indonesia,” ujar Hery.

Sebagai wujud purpose Advancing Customers & Society, CIMB Niaga telah memulai strategi jangka panjang Forward30 (F30). Melalui strategi ini, CIMB Niaga berkomitmen memperkuat kepercayaan nasabah dengan fokus pada transformasi digital, inovasi produk, dan layanan yang semakin mudah, semakin baik, dan semakin cepat untuk menjawab kebutuhan nasabah dan masyarakat.

Forward 30 hadir untuk mendampingi perjalanan nasabah dan masyarakat Indonesia dalam mewujudkan mimpi dan aspirasinya, dengan mengedepankan empat pilar utama, yaitu Cash/CASA, Cross-Selling, Capability, dan Capital. 

Dari sisi kinerja, pada sembilan bulan pertama 2025, CIMB Niaga melaporkan perolehan laba sebelum pajak konsolidasi (unaudited) sebesar Rp6,7 triliun, naik sebesar 1,7 persen year-on-year (YoY). CIMB Niaga senantiasa menjaga posisi permodalan dan likuiditas yang solid dengan capital adequacy ratio (CAR) dan loan to deposit ratio (LDR) masing-masing sebesar 24,7 persen dan 81,1 persen.

Total aset konsolidasian adalah sebesar Rp369,5 triliun per 30 September 2025, yang semakin memperkuat posisi CIMB Niaga sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia. 

Adapun total Dana Pihak Ketiga (DPK) meningkat menjadi Rp278,0 triliun (+8,6 persen YoY), menunjukkan rasio CASA yang baik sebesar 67,9 persen. Sementara jumlah kredit/pembiayaan naik 4,6 perse  YoY menjadi Rp228,7 triliun, didukung oleh kinerja yang baik di seluruh segmen utama.

Pada segmen Syariah, Unit Usaha Syariah CIMB Niaga (CIMB Niaga Syariah) terus mempertahankan posisinya sebagai salah satu Unit Usaha Syariah terbesar di Indonesia. Per 30 September 2025, total pembiayaan mencapai Rp58,2 triliun. Adapun DPK tercatat sebesar Rp57,9 triliun, mencerminkan loyalitas dan kepercayaan nasabah. 

Dari sisi sustainability, hampir 24 persen dari total pembiayaan Bank atau sekitar Rp 54,7 triliun mendukung transisi yang adil, ekonomi rendah karbon, dan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) dari PBB. Pencapaian ini mencerminkan fokus strategis CIMB Niaga untuk mengintegrasikan keberlanjutan dalam setiap aspek solusi keuangan, sejalan dengan komitmen jangka panjang menuju masa depan yang lebih hijau.

CIMB Niaga adalah bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia yang berdiri sejak 1955. Mengusung purpose Advancing Customers and Society, CIMB Niaga berkomitmen membantu nasabah dan masyarakat Indonesia mewujudkan mimpi dan aspirasinya dengan semangat bekerja dari hati #WorkFromHeart.

Selama tujuh dekade, CIMB Niaga hadir menyediakan layanan lengkap, baik konvensional maupun Syariah, untuk segmen consumer, bisnis, hingga korporasi, didukung kapabilitas treasury, pasar modal, serta inovasi digital seperti OCTO (Aplikasi dan Website), OCTO Pay (e-money), BizChannel@CIMB, serta kantor cabang modern meliputi Digital Lounge dan Digital Branch.

Hingga 30 September 2025, layanan CIMB Niaga didukung dengan 11.698 karyawan (konsolidasi), 393 kantor cabang dan jaringan (termasuk 32 Digital Lounge), 2.883 ATM, serta 674.844 EDC, QR, dan e-Commerce yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Selain itu, sebagai bank yang peduli dengan bumi dan generasi masa depan, CIMB Niaga konsisten mengimplementasikan sustainability dengan pesan keberlanjutan #SekarangUntukMasaDepan. (*)