
Acara Workshop dan Kelas Jurnalisme Inspiratif CIMB Niaga. (Foto : Istimewa)
KabarBanyuwangi.co.id, JAKARTA - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) konsisten mendukung peningkatan kompetensi jurnalis di Indonesia sebagai wujud tanggung jawab perusahaan untuk turut membangun industri pers yang sehat dan profesional.
Dukungan ini diwujudkan salah satunya melalui penyelenggaraan rangkaian kegiatan “CIMB Niaga Jurnalisme Inspiratif: Journalist Class & Workshop” di Jakarta dan Bogor pada 11-13 Desember 2025 yang diikuti 100 jurnalis dari berbagai daerah di Indonesia.
Dengan mengusung tema “Voyage of Stories” acara ini
dikemas dengan konsep yang unik untuk merayakan peran jurnalis sebagai
pengembara kisah yang menjembatani informasi dari Sabang sampai Merauke hingga
mancanegara.
Corporate Communications Head CIMB Niaga Hery Kurniawan
menyatakan, rangkaian kegiatan ini merupakan wadah sharing session antara
rekan-rekan jurnalis bersama manajemen CIMB Niaga dan tokoh pers Indonesia.
Dalam acara ini, para jurnalis mendapatkan kesempatan
mendalami langsung tentang perkembangan terbaru industri perbankan, strategi
dan kinerja CIMB Niaga serta CIMB Niaga Syariah, hingga tren jurnalisme
terkini.
“Di tengah dinamika industri media dan perbankan saat
ini, kolaborasi yang konstruktif antara perbankan dan media menjadi sebuah
keniscayaan. Karena itu, CIMB Niaga konsisten menghadirkan beragam inisiatif
untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi jurnalis, sekaligus memberikan
apresiasi atas dukungan positif yang selama ini diberikan," kata Hery di
Jakarta, Kamis (11/12/2025).
"Melalui program ini, rekan-rekan jurnalis
memperoleh pengetahuan mengenai tren perbankan terkini, sekaligus mendapat
pengalaman langsung (life experience) untuk berinteraksi dan mendapat inspirasi
dari sejumlah tokoh jurnalistik Tanah Air. Hal ini sejalan dengan purpose CIMB
Niaga, yaitu Advancing Customers & Society, di mana kami berkomitmen untuk
terus membantu nasabah dan masyarakat termasuk rekan-rekan jurnalis dalam
mewujudkan mimpi dan aspirasinya,” imbuhnya.
Selama kegiatan, peserta dapat memperdalam literasi
perbankan dan mengasah keterampilan jurnalistik dari para narasumber. Mulai
dari Presiden Direktur & CEO CIMB Niaga Lani Darmawan, Direktur Consumer
Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi, Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji
P. Djajanegara, Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal CIMB Niaga
Fransiska Oei, Head of Emerging Business Banking CIMB Niaga Tony Tardjo.
Hadir pula Head of Sharia Consumer & EBB CIMB Niaga
Bung Aldilla, Head of Digital Banking & Contact Center CIMB Niaga Lusiana
Saleh, Strategic Insights & Investor Relations Head CIMB Niaga Teguh
Sunyoto, dan aktris penggiat sustainability Nadine Chandrawinata. Adapun dari
dunia jurnalisme yaitu Anggota Dewan Pers Abdul Manan serta para jurnalis
senior Tri Agung Kristanto, Arbain Rambey, Aiman Witjaksono, Jeremy Teti, dan
Rory Asyari.
Selain agenda tersebut, pada hari ketiga, para peserta
mengikuti Kejar Mimpi Fest & The Cooler Earth di Jakarta Convention Center.
Acara ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat Kejar Mimpi dan menggugah
kesadaran publik pentingnya berkontribusi dalam mewujudkan bumi yang lebih
lestari.
Sebagai puncak acara, CIMB Niaga menganugerahkan
Penghargaan Jurnalisme Inspiratif kepada para pemenang yang merupakan gabungan
pemenang dari Kompetisi Road to Jurnalisme Inspiratif yang digelar di 30 kota,
kompetisi jurnalistik nasional “Aku & CIMB Niaga” yang telah berlangsung
sepanjang 2025, serta apresiasi peserta terbaik.
“Kami menyampaikan terima kasih atas partisipasi dari
rekan-rekan jurnalis yang telah aktif dalam berbagai kegiatan dan kompetisi
yang kami hadirkan tahun ini. Selamat kepada para pemenang dan nantikan terus
berbagai inisiatif dari CIMB Niaga untuk dunia jurnalisme yang semakin
berkualitas di Indonesia,” ujar Hery.
Sebagai wujud purpose Advancing Customers & Society,
CIMB Niaga telah memulai strategi jangka panjang Forward30 (F30). Melalui
strategi ini, CIMB Niaga berkomitmen memperkuat kepercayaan nasabah dengan
fokus pada transformasi digital, inovasi produk, dan layanan yang semakin
mudah, semakin baik, dan semakin cepat untuk menjawab kebutuhan nasabah dan
masyarakat.
Forward 30 hadir untuk mendampingi perjalanan nasabah dan
masyarakat Indonesia dalam mewujudkan mimpi dan aspirasinya, dengan mengedepankan
empat pilar utama, yaitu Cash/CASA, Cross-Selling, Capability, dan
Capital.
Dari sisi kinerja, pada sembilan bulan pertama 2025, CIMB
Niaga melaporkan perolehan laba sebelum pajak konsolidasi (unaudited) sebesar
Rp6,7 triliun, naik sebesar 1,7 persen year-on-year (YoY). CIMB Niaga
senantiasa menjaga posisi permodalan dan likuiditas yang solid dengan capital
adequacy ratio (CAR) dan loan to deposit ratio (LDR) masing-masing sebesar 24,7
persen dan 81,1 persen.
Total aset konsolidasian adalah sebesar Rp369,5 triliun
per 30 September 2025, yang semakin memperkuat posisi CIMB Niaga sebagai bank
swasta nasional terbesar kedua di Indonesia.
Adapun total Dana Pihak Ketiga (DPK) meningkat menjadi Rp278,0
triliun (+8,6 persen YoY), menunjukkan rasio CASA yang baik sebesar 67,9
persen. Sementara jumlah kredit/pembiayaan naik 4,6 perse YoY menjadi Rp228,7 triliun, didukung oleh
kinerja yang baik di seluruh segmen utama.
Pada segmen Syariah, Unit Usaha Syariah CIMB Niaga (CIMB
Niaga Syariah) terus mempertahankan posisinya sebagai salah satu Unit Usaha
Syariah terbesar di Indonesia. Per 30 September 2025, total pembiayaan mencapai
Rp58,2 triliun. Adapun DPK tercatat sebesar Rp57,9 triliun, mencerminkan
loyalitas dan kepercayaan nasabah.
Dari sisi sustainability, hampir 24 persen dari total
pembiayaan Bank atau sekitar Rp 54,7 triliun mendukung transisi yang adil,
ekonomi rendah karbon, dan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)
dari PBB. Pencapaian ini mencerminkan fokus strategis CIMB Niaga untuk
mengintegrasikan keberlanjutan dalam setiap aspek solusi keuangan, sejalan
dengan komitmen jangka panjang menuju masa depan yang lebih hijau.
CIMB Niaga adalah bank swasta nasional terbesar kedua di
Indonesia yang berdiri sejak 1955. Mengusung purpose Advancing Customers and
Society, CIMB Niaga berkomitmen membantu nasabah dan masyarakat Indonesia
mewujudkan mimpi dan aspirasinya dengan semangat bekerja dari hati
#WorkFromHeart.
Selama tujuh dekade, CIMB Niaga hadir menyediakan layanan
lengkap, baik konvensional maupun Syariah, untuk segmen consumer, bisnis,
hingga korporasi, didukung kapabilitas treasury, pasar modal, serta inovasi
digital seperti OCTO (Aplikasi dan Website), OCTO Pay (e-money),
BizChannel@CIMB, serta kantor cabang modern meliputi Digital Lounge dan Digital
Branch.
Hingga 30 September 2025, layanan CIMB Niaga didukung
dengan 11.698 karyawan (konsolidasi), 393 kantor cabang dan jaringan (termasuk
32 Digital Lounge), 2.883 ATM, serta 674.844 EDC, QR, dan e-Commerce yang
tersebar di berbagai kota di Indonesia. Selain itu, sebagai bank yang peduli
dengan bumi dan generasi masa depan, CIMB Niaga konsisten mengimplementasikan
sustainability dengan pesan keberlanjutan #SekarangUntukMasaDepan. (*)