CIMB Niaga Perkuat Layanan di Banyuwangi Melalui Beragam Inovasi Digital dan StrategiCIMB Niaga Banyuwangi

CIMB Niaga Perkuat Layanan di Banyuwangi Melalui Beragam Inovasi Digital dan Strategi

Kegiatan media gathering CIMB Niaga di Banyuwangi. (Foto: Fattahur)

KabarBanyuwangi.co.id – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus memperluas akses layanan keuangan di berbagai daerah, termasuk Banyuwangi yang dinilai memiliki potensi pertumbuhan ekonomi kuat.

"Banyuwangi memiliki potensi ekonomi yang kuat, khususnya di sektor agribisnis, UMKM, dan pariwisata. Sehingga tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk melakukan ekspansi," kata Head of Region Jawa Timur CIMB Niaga, Rhena Octaria dalam Media Gathering di Banyuwangi, Senin (16/6/2025).

Oleh karenanya, CIMB Niaga hadir untuk melayani lebih dekat dan memberdayakan masyarakat melalui berbagai inisiatif yang relevan.

Baca Juga :

"Salah satunya kami wujudkan melalui Kejar Mimpi NGOBIZ, yang menjadi ruang edukatif bagi pelaku usaha lokal. Di sinilah kami mendampingi nasabah merancang strategi bisnis yang resilien," ujarnya.

"Dengan semangat Work From Heart, kami berupaya memberikan pengalaman terbaik, baik melalui kanal digital maupun layanan personal yang ramah dan profesional,” imbuhnya.

Selain menghadirkan layanan finansial yang lengkap, CIMB Niaga juga terus menjalankan praktik bisnis berkelanjutan sesuai prinsip Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG).

Melalui platform digital seperti aplikasi OCTO Mobile dan internet banking OCTO Clicks, nasabah dapat melakukan beragam aktivitas keuangan mulai dari transaksi harian, pembayaran tagihan, hingga pengajuan investasi, dan pinjaman secara praktis kapan saja dan dari mana saja.

Kemudahan juga ditawarkan bagi nasabah bisnis melalui BizChannel@CIMB yang mempermudah pengelolaan keuangan usaha, serta OCTO Merchant yang mendukung kelancaran transaksi jual beli di sektor ritel.

Bagi nasabah yang memerlukan layanan langsung pun tetap dilayani dengan baik melalui 1 kantor cabang CIMB Niaga di Jl. PB Sudirman No. 23–25, serta 4 mesin ATM/CRM yang tersebar di Banyuwangi.

Corporate Communications Head CIMB Niaga Hery Kurniawan menyampaikan, hingga kuartal I/2025, hampir 25 persen dari total pembiayaan bank atau senilai Rp 56,6 triliun telah dialokasikan untuk mendukung transisi menuju ekonomi rendah karbon dan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG).

“Bagi CIMB Niaga, keberlanjutan bukan sekadar slogan, tetapi menjadi bagian dari strategi inti. Lewat inisiatif The Cooler Earth, kami terus mendorong aksi kolektif untuk membentuk masyarakat yang bertanggung jawab dan masa depan yang lebih lestari,” kata Hery.

Dalam menghadapi kondisi yang semakin dinamis saat ini, kata Hery, CIMB Niaga tetap berkomitmen untuk memberikan nilai berkelanjutan kepada seluruh stakeholders, termasuk nasabah, pemegang saham, dan masyarakat luas.

“Melalui inovasi digital dan strategi yang berfokus pada nasabah, kami berupaya untuk menjadi Bank yang senantiasa menyediakan layanan yang Simpler, Better dan Faster. Dengan fokus ini, CIMB Niaga berada dalam posisi yang solid untuk mendukung kemajuan ekonomi Indonesia serta mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan dan inklusif,” ujar Hery.

Inisiatif layanan menyeluruh seperti yang dilakukan di Banyuwangi turut menopang kinerja CIMB Niaga secara nasional. Pada kuartal I/2025, CIMB Niaga membukukan laba sebelum pajak konsolidasi (unaudited) sebesar Rp 2,2 triliun, naik 3, 2 persen secara tahunan (YoY). Kenaikan ini didukung oleh pertumbuhan kredit 8,7 persen menjadi Rp 230,1 triliun serta Dana Pihak Ketiga (DPK) mencapai Rp 254,2 triliun. 

Rasio CASA juga tetap kuat di angka 67,4 persen, sebagai bukti dari meningkatnya kepercayaan nasabah terhadap layanan perbankan digital CIMB Niaga. Di sektor perbankan syariah, Unit Usaha Syariah CIMB Niaga (CIMB Niaga Syariah) juga mencatat kinerja yang solid dengan pembiayaan Rp 59 triliun dan DPK Rp 50,2 triliun, tumbuh signifikan dari segmen ritel. 

Adapun sebagai bagian dari corporate citizenship, CIMB Niaga juga memiliki perhatian besar kepada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karenanya, Perseroan bekerja sama dengan United Nations Children's Fund (UNICEF) mendukung upaya pemerintah dalam mencegah dan mengurangi masalah gizi buruk dan stunting di Indonesia, khususnya di Nusa Tenggara Timur (NTT). (fat)