Diguyur Hujan, Akses Menuju TWA Ijen Sempat Tertutup Material LongsorPolsek Licin


Diguyur Hujan, Akses Menuju TWA Ijen Sempat Tertutup Material Longsor

Keterangan Gambar : Pembersihan material longsor oleh petugas di jalur Erek-Erek menuju TWA Kawah Ijen. (Foto: Istimewa)

KabarBanyuwangi.co.id - Jalur menuju Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Banyuwangi, sempat tertutup tanah, dan pohon berukuran sedang akibat bencana longsor, Senin (27/6/2022).

Kapolsek Licin, AKP Dalyono mengatakan, jalur tersebut merupakan akses menuju TWA Kawah Ijen sekaligus penghubung antara Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso.

"Tanah longsor itu tebing yang berada di arah mau ke Erek-Erek Ijen. Informasi yang kami terima, longsor terjadi sekitar pukul 05:30 WIB akibat hujan deras mengguyur kawasan itu sejak dinihari," kata Dalyono.

Baca Juga :

Dalyono menyebut, kawasan tersebut merupakan daerah rawan longsor diakibatkan tekstur tanahnya yang gembur. Beruntung tidak ada korban jiwa karena saat kejadian kondisi jalan sedang sepi.


Material tanah longsor menutupi badan jalan. (Foto: Istimewa)

Namun akibat longsor kata Dalyono, jalur di kawasan itu sempat ditutup karena material menutupi badan jalan. Sejumlah personel kepolisian sudah berusaha melakukan evakuasi bersama tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan DPU Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman setempat.

"Proses evakuasi sudah dilakukan, untuk membuka akses jalan. Bahkan proses evakuasi hingga pukul 15.30, masih hanya bisa membuka separo jalan, sehingga membuat jalur dibuka tutup," katanya.

Dalyono mengimbau kepada masyarakat yang hendak melewati jalur tersebut untuk selalu waspada dan berhati-hati, terutama saat musim hujan.

"Kita selalu mengimbau kepada masyarakat yang melewati jalur tersebut untuk selalu berhati-hati, terutama saat musim hujan. Dikarenakan kawasan Ijen merupakan daerah rawan terjadi longsor," imbaunya. (fat)