Gegara Bermain Korek Api, Rumah Sekaligus Bengkel TerbakarDamkar Banyuwangi


Gegara Bermain Korek Api, Rumah Sekaligus Bengkel Terbakar

Keterangan Gambar : Kobaran api melahap rumah yang juga bengkel. (Foto: Screenshot video amatir)

KabarBanyuwangi.co.id - Sebuah rumah milik Trimo, yang sekaligus dipergunakan bengkel sepeda motor di Dusun Kebaman, Kecamatan Srono, Banyuwangi, Jawa Timur ludes dilalap api. Warga sekitar panik saat mengetahui api berkobar membakar rumah tersebut, Rabu (01/12/2021) malam.

Dengan menggunakan peralatan seadanya, warga berupaya memadamkan api sebelum mobil pemadam tiba di lokasi kejadian. Warga khawatir, api yang kian membesar ini merembet ke rumah-rumah di sekitarnya.

Beruntung, selang 20 menit kemudian enam unit mobil pemadam tiba di lokasi kejadian dan api dengan cepat berhasil dijinakkan setelah satu jam lamanya petugas berjibaku dengan api.

Baca Juga :

Namun demikian, petugas pemadam harus ekstra hati-hati lantaran aliran listrik di rumah milik bapak Trimo ini masih tersambung saat api berkobar.

“Kita kerahkan enam unit mobil pemadam dengan 10 personil. Sekitar satu jam api akhirnya berhasil padam. Untuk kesulitan tadi kita sempat terkendala dengan aliran listrik yang masih tersambung. Itu sangat membahayakan,” kata Sutikno, salah satu petugas Damkar.


Satu jam berjibaku dengan api, petugas Damkar behasil padamkam api. (Foto: Istimewa) 

Sementara itu, dari keterangan pemilik rumah, Nanang, musibah kebakaran ini terjadi akibat terbakar nya sebuah tempat tidur. Lantaran api cepat membesar, empat orang yang berada di dalam rumah langsung menyelamatkan diri keluar rumah untuk meminta pertolongan warga.

“Sepertinya api berasal dari tempat tidur di depan TV. Waktu itu anak saya yang usianya 8 tahun sedang main sendiri di depan TV sambil main korek api. Tiba-tiba saja dia berteriak minta tolong karena ada api. Waktu kejadian, bapak saya (Trimo) sedang menjalankan ibadah di Masjid,” kata Nanang.

Beruntung, musibah ini tak sampai menimbulkan jatuhnya korban. Hanya saja, pemilik rumah mengalami kerugian hingga Rp 150 juta. Selain membakar bangunan rumah, api juga diketahui membakar sejumlah peralatan sepeda motor yang ada di dalam bengkel. (van)