Iklan Atas ASTON Banyuwangi

Kesigapan dan Kepedulian PT BSI Bantu Warga Terdampak Banjir di Pesanggaran, Tuai PujianPT Bumi Suksesindo


Kesigapan dan Kepedulian PT BSI Bantu Warga Terdampak Banjir di Pesanggaran, Tuai Pujian

Keterangan Gambar : Warga masyarakat terdampak banjir di Pesanggaran, terima bantuan paket sembako dari PT BSI. (Foto: Istimewa)

KabarBanyuwangi.co.id - Masyarakat dan Camat Pesanggaran, Banyuwangi, Ir R Agus Mulyono, M. Si, memuji kesigapan dan kepedulian PT Bumi Suksesindo (PT BSI) terhadap warga terdampak musibah banjir.

Menurut Agus, apa yang dilakukan anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk tersebut layak dicontoh pelaku investasi lain di Bumi Blambangan.

“Sangat tanggap dan turut berpartisipasi serta peduli kepada warga terdampak banjir yang melanda wilayah Kecamatan Pesanggaran,” katanya, Kamis (20/10/2022).

Baca Juga :

Untuk diketahui, PT BSI adalah perusahaan tambang emas di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.

Agus menambahkan, ketika banjir menerjang sejumlah desa di Kecamatan Pesanggaran, pihak perusahaan langsung berkoordinasi dengan Forpimka, pemerintah desa dan masyarakat.

Kemudian melakukan pemetaan dan pendataan untuk segera ditindaklanjuti dengan menyalurkan bantuan sesuai kebutuhan.

“Contohnya, saat pembersihan sampah sisa banjir, perusahaan menerjunkan alat berat dan dumptruk. Akhirnya pembersihan sampah yang menyumbat aliran sungai jadi lebih cepat,” tambahnya.

“PT BSI juga menyalurkan bantuan paket sembako kepada warga terdampak banjir di lima desa wilayah Kecamatan Pesanggaran,” imbuhnya.

Selama ini, lanjut Agus, PT BSI sudah banyak menyalurkan Corpoate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat di wilayah ring satu.

Untuk itu dia berharap kebersamaan perusahaan, pemerintah dan masyarakat harus terus ditingkatkan. Hubungan baik, terbuka serta saling melengkapi, juga perlu terus dijaga demi kebaikan bersama.

“Harapanya, kepedulian PT BSI kepada masyarakat Banyuwangi, khususnya masyarakat di wilayah ring satu ini harus tetap dijaga dan terus ditingkatkan,” cetusnya.

Kepala Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Gunoto, juga mengungkapkan hal senada. Dia mengaku sangat mengapresiasi kepedulian PT BSI terhadap masyarakat sekitar. “Harusnya pelaku investasi ya seperti ini,” pintanya.

Gunoto menyampaikan, saat hujan deras mengakibatkan terjadinya tanah longsor di Dusun Sukamade, Desa Sarongan, sejumlah warga terisolir. Mereka tidak bisa melakukan aktivitas perekonomian sama sekali.

“Dalam situasi tersebut, PT BSI hadir dan menyalurkan bantuan paket sembako,” kata Gunoto.

Seperti halnya Camat Pesanggaran, Gunoto pun ikut melontarkan pujian pada anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk tersebut. Bukan hanya atas kepedulian terhadap masyarakat terdampak banjir dan tanah longsor di wilayah Desa Sarongan.

Tapi juga kepada seluruh masyarakat korban musibah banjir di wilayah Kecamatan Pesanggaran. “Menurut saya sangat peduli. Bahkan lima desa ring satu dibantu semua,” ungkapnya.

Untuk diketahui, selain bantuan untuk warga terdampak banjir di Kecamatan Pesanggaran, PT BSI juga terus menelurkan program melalui CSR. Ada 4 sektor yang menjadi prioritas, meliputi sektor pendidikan, kesehatan, pembangunan infrastuktur dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Seluruh program, ditentukan melalui musyawarah dengan masyarakat. Tujuannya, agar setiap program bisa lebih optimal atau sesuai dengan kebutuhan masyarakat. (red)