Iklan Banner Atas Luminor Hotel Banyuwangi

Puluhan Rumah Hingga Fasum Rusak Parah Diterjang Banjir Sungai Karang Tambak Desa KandanganBPBD Banyuwangi


Puluhan Rumah Hingga Fasum Rusak Parah Diterjang Banjir Sungai Karang Tambak Desa Kandangan

Keterangan Gambar : Akses jalan penghubung Dusun Sumberjambe dan Sumberdadi berlobang tergerus air. (Foto: Istimewa)

KabarBanyuwangi.co.id - Puluhan rumah dan sejumlah fasilitas umum di Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, rusak patah akibat diterjang luapan sungai, usai hujan lebat cukup lama mengguyur kawasan ini.

Menurut keterangan salah seorang petugas dari Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Banyuwangi, Andika Pusadan, hujan lebat terjadi selama dua hari di desa ini menyebabkan Sungai Karang Tambak meluap hingga masuk ke pemukiman warga dan merusak sejumlah fasilitas umum.

BPBD mencatat, sebanyak 40 rumah mengalami kerusakan, akses jalan lumpuh total selama beberapa jam. Bahkan jembatan penghubung dua dusun terputus, akibat tanah tergerus air sungai yang meluap setinggi sekitar 30 sentimeter.

Baca Juga :

"Selain itu, areal perkebunan yang ditanami rotan, bambu dan kopi yang beralih fungsi menjadi tanaman karet dan sengon, juga terendam genanga air," ungkapnya.

Saat ini,  Andika menambahkan, TRC BPBD dibantu warga setempat, memasang ratusan bronjong untuk tanggul penahan tanah guna mengantisipasi apabila terjadi luapan sungai.

"Ya saat ini kami BPBD dibantu warga masang tanggul penahan, untuk antisipasi terjadinya luapan sungai," pungkasnya. (fat)