Kodim 0825 Jadi Saksi Dilantiknya Pengurus LVRI di BanyuwangiKodim 0825 Banyuwangi


Kodim 0825 Jadi Saksi Dilantiknya Pengurus LVRI di Banyuwangi

Keterangan Gambar : (Foto: Pendim 0825 Banyuwangi)

KabarBanyuwangi.co.id - Kepengurusan DPC Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dan Wantibcab LVRI Banyuwangi masa bakti 2021-2026 resmi dilantik.

Prosesi pelantikan disaksikan langsung perwakilan pengurus DPD LVRI Jatim, Kolonel AD (Pur) Sugianto, dipusatkan di Aula Outdoor Jendral Besar TNI Abdul Haris Nasution, Kodim 0825 Banyuwangi, Rabu (7/4/2021).

Kegiatan itu dihadiri Dandim 0825 Banyuwangi, Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, Forkopimda, pengurus DPD LVRI Provinsi dan mahasiswa Uniba.






Baca Juga :

Di kesempatan tersebut, Dandim Eko mengapresiasi kegiatan para veteran yang dipusatkan di Makodim 0825 Banyuwangi. Bahkan, pria asal Semarang itu mengaku siap mendukung kegiatan veteran.

"Kami juga siap melanjutkan perjuangan serta menjaga Kodim 0825 Banyuwangi ini. Karena tempat dan fasilitas ini semata-mata milik rakyat, kami sangat menghormati para pejuang yang tergabung dalam LVRI, kKarena kemerdekaan RI ini semata-mata dihasilkan dari pengorbanan,” ucapnya.

“Perjuangan serta tetesan darah para pejuang hingga nyawa menjadi taruhannya demi membela bangsa dan negara kita tercinta. Kedepannya, tentu kami berharap agar para pemuda dapat menerima wawasan kebangsaan agar dapat melanjutkan nilai- nilai kebangsaan," imbuhnya.


Keterangan Gambar : (Foto: Pendim 0825 Banyuwangi)

Sementara itu, salah seorang pengurus DPD LVRI Jatim, Kolonel AD (Pur) Sugianto mengucapkan terimakasih kepada jajaran Kodim 0825 yang sudah menyiapkan segala sesuatunya demi kelancaran kegiatan veteran.

Menurutnya, veteran ini bukan hanya dari pensiunan TNI-POLRI saja, tetapi juga berasal dari masyarakat yang pernah ikut berjuang. LVRI sendiri kata, Kolonel Sugianto, lahir pada tanggal 2 Januari 1957 dan pada tanggal 10 Agustus 1957 disahkan oleh Presiden RI kala itu.

"Jadi peringatan Hari Veteran, setiap tahunnya dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus," ujarnya.

Kolonel Sugianto menambahkan, ada beberapa penghargaan yang diberikan pemerintah kepada para veteran. Antara lain, dibebaskan membayar pajak BB, digratiskannya berobat bagi anggota dan keluarga, diberikan penghormatan dimakamkan di Tempat Makam Pahlawan (TMP).

"Harapan saya selaku pengurus DPD LVRI Provinsi Jatim agar seluruh pengurus DPC LVRI Banyuwangi yang sudah dilantik, segera laksanakan kordinasi dan bersinergi dengan aparat di wilayahnya," pintanya. (fat)