De Djawatan Forest, salah satu destinasi wisata di Kabupaten Banyuwangi. (Foto: Istimewa)
KabarBanyuwangi.co.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab)
Banyuwangi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi
giatkan monitoring dan evaluasi (Monev) di sejumlah destinasi wisata. Hal ini
dilakukan untuk memaksimalkan dalam menerima kunjungan wisatawan dari berbagai
daerah.
Pelaku wisata maupun pengelola destinasi diminta
meningkatkan kewaspadaan akan perubahan cuaca ekstrem dan bencana, protokol
kesehatan, sapta pesona, dan keamanan/kenyamanan wisatawan melalui penambahan
life guard di destinasi, terutama wahana air.
Kepala Disbudpar Banyuwangi, Mohammad Yanuarto Bramuda
mengungkapkan, pihaknya telah membentuk tim monev untuk melakukan kontrol dan
pengawasan di berbagai sektor pariwisata yang ada di Banyuwangi. Hal ini tentu
upaya mewujudkan keamanan, kenyamanan dan kesehatan para pengunjung.
"Tim monev akan melakukan pemantauan situasi
kebersihan di seluruh area destinasi. Utamanya pada petugas tiketing yang telah
menggunakan e-tax dan menunjukan harga tiket," kata Bramuda, Senin (25/12/2023).
Menurutnya, libur Nataru merupakan momentum kebangkitan
pariwisata khususnya di Banyuwangi. Momen ini dimanfaatkan oleh para pelajar
dan mahasiswa untuk menghabiskan waktu liburan.
"Berdasarkan data real time online e-tax, jumlah
kunjungan wisatawan selama libur Nataru 2023 meningkat drastis," cetus
Bramuda.
Dari data yang dihimpun, jumlah wisatawan yang berkunjung
ke beberapa destinasi wisata favorit di Banyuwangi pada 22 hingga 25 Desember
2023 antara lain: Pulau Merah 9.105 orang, Djawatan 4.687, Pantai Cacalan 4.557
orang, Jopuro 4.463 orang, Grand Watudodol 3.665 orang.
Sementara itu, total data real time e-tax keseluruhan
destinasi di Banyuwangi lonjakan pengunjung saat ini mencapai 44.763 orang.
Dengan kenaikan jumlah pengunjung di destinasi wisata,
okupansi hotel pun meningkat, bahkan seluruh hotel di Banyuwangi terpenuhi.
Dengan adanya program monev destinasi yang ada, Pemkab berharap wisatawan yang
berkunjung merasa puas dengan pelayanan yang telah dipersiapkan. (man)