Babinsa Banyuwangi Ikuti TOT Tracing Covid-19Kodim 0825 Banyuwangi


Babinsa Banyuwangi Ikuti TOT Tracing Covid-19

Keterangan Gambar : (oto: pendim 0825 Banyuwangi)

KabarBanyuwangi.co.id - Dalam rangka pengendalian dan penanganan Covid-19, para Bintara Pembina Desa (Babinsa) se-Banyuwangi mengikuti Training Of Trainer (TOT) Tracing Covid-19.

Pelatihan yang dipimpin Kakesdam V Brawijaya, Kolonel Ckm Dr. Syaffarman Rusli tersebut berlangsung sejak Senin kemarin (15/2/2021) di Aula Outdoor AH. Nasution Makodim 0825 Banyuwangi.

Menurut Syaffarman Rusli, Babinsa bertugas melaksanakan Pembinaan Teritorial (Binter) di wilayah pedesaan/kelurahan dan memiliki peranan penting mendukung upaya pemerintah memberlakukan pembatasan kegiatan maayarakat (PPKM) Skala Mikro, dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Baca Juga :

"Babinsa juga bisa disebut tracer, menelusuri kontak erat dari sejumlah pasien terkonfirmasi positif di wilayah binaannya dengan menggunakan aplikasi lacak. Aplikasi terbaru ini memudahkan Babinsa untuk menginput data dan meminimalisir data ganda pasien terkonfirmasi positif dan kontak erat pasien," ujarnya, Selasa (16/2/2021).

Dia juga menyarankan agar masyarakat yang terpapar virus, segera melakukan isolasi mandiri atau bisa juga karantina di tempat yang sudah disediakan pemerintah setempat.

"Ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan untuk tempat isolasi ataupun karantina, mulai dari ventilasi udara yang baik, kebersihan MCK, makanan yang sehat dan bergizi, menjaga jarak tempat tidur minimal satu meter, dan tetap menerapkan protokol kesehatan," jelasnya.

Dia juga meminta para Babinsa tetap memperhatikan kebersihan dan kesehatannya masing-masing dalam menjalankan tugasnya.

"Tugas Babinsa sangat berat dan rentan tertular corona. Sebab mereka selalu berhubungan langsung dengan masyarakat dalam penegakan disiplin protokol kesehatan. Tidak menutup kemungkinan, mereka bisa saja terpapar virus covid-19 saat bertugas," tandasnya. (fat)