Ucapan Ipuk Sugirah

Banyuwangi Matangkan Persiapan Vaksinasi Covid-19


Banyuwangi Matangkan Persiapan Vaksinasi Covid-19

Keterangan Gambar : Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Banyuwangi, dr. Widji Lestariono (Foto: Fattahur)

KabarBanyuwangi.co.id - Jika tidak meleset, Vaksin Sinovac asal perusahaan China akan tiba di Kabupaten Banyuwangi pada 22 Januari 2020 mendatang.

Meski demikian, pihaknya telah melakukan beberapa persiapan. Seperti, menyiapkan cold chain sebagai tempat penyimpanan vaksin dan tenaga kesehatan serta vaksinator.

Dokter Rio menyebutkan, sebanyak 90 vaksinator yang mewakili dua orang dari setiap Puskesmas di Banyuwangi sudah dilatih. Dan saat ini, pihaknya tengah mempersiapkan vaksinator tambahan. Rencananya akan menambah tiga orang tenaga lagi dari masing-masing Puskesmas untuk membantu proses kelancaran vaksinasi. Sehingga setiap Puskesmas terdapat lima orang tenaga vaksinator.

Baca Juga :

"Jadi pelatihan vaksinator ini akan diadakan lagi. Kemudian kita juga melibatkan beberapa rumah sakit, itu diminta tenaganya sebagai vaksinator 10 orang yang akan dilatih. Termasuk beberapa klinik, kira-kira ada 10 klinik nantinya kita libatkan, plus yang terakhir dari petugas KKP, ini juga sebagai vaksinator," jelasnya.

Proses vaksinasi, kata Dokter Rio, tidak semuanya warga mendapatkan vaksin. Prioritas pertama penerima vaksin akan diberikan kepada tenaga kesehatan (nakes).

"Kami juga melakukan verifikasi data tenaga kesehatan yang ada di Banyuwangi. Dan itu sudah kita lakukan dan masih sedang terus berproses untuk menuju 100 persen," terangnya.

Sejauh ini, Dokter Rio menambahkan, pihaknya sedang melakukan pengecekan untuk kesiapanan sarana pendukung lainnya, baik logistik dan keperluan lainnya di seluruh puskesmas maupun rumah sakit. "Supaya nanti ketika vaksin datang sudah benar-benar siap," pungkasnya. (fat)