Rumah Industri Tahu di Wongsorejo Ludes Terbakar, Kerugian Ratusan JutaDamkarmat Banyuwangi

Rumah Industri Tahu di Wongsorejo Ludes Terbakar, Kerugian Ratusan Juta

Rumah industri pembuatan tahu di Desa/Kecamatan Wongsorejo ludes terbakar. (Foto: Tangkapan layar)

KabarBanyuwangi.co.id – Musibah kebakaran kembali terjadi di wilayah Kabupaten Banyuwangi, Kamis (5/9/2024) dinihari sekira pukul 00.10 WIB.

Kali ini, kebakaran menghanguskan sebuah rumah industri pembuatan tahu di Dusun Krajan, Desa/Kecamatan Wongsorejo.

Kobaran api dan asap pekat membuat panik pemilik tempat usaha, Muhammad (71). Ia berlarian sambil berteriak meminta pertolongan kepada warga sekitar.

Baca Juga :

Warga yang mendengar teriakan itu segera berdatangan membantu memadamkan api dengan alat seadanya. Namun, besarnya kobaran api membuat upaya tersebut tak membuahkan hasil.

Kobaran api semakin meluas dan membesar lantaran bangunan rumah industri tersebut terbuat dari bahan yang mudah terbakar, seperti kayu dan bambu.

Warga pun akhirnya memutuskan untuk menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Banyuwangi.

"Usai menerima laporan adanya kejadian kebakaran, kami langsung bergerak ke lokasi," kata Kasi Penyelamatan dan Evakuasi Damkarmat Banyuwangi, Salam Bikwanto.

Tak berselang lama, tiga unit armada Damkar tiba di lokasi kejadian. Petugas langsung berjibaku menjinakkan kobaran api yang sudah melalap sebagian besar bangunan.

Dugaan sementara, kebakaran dipicu oleh tungku yang belum sepenuhnya padam, sehingga menyambar bangunan yang terbuat dari kayu serta bambu.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya saja, kebakaran mengakibatkan pemilik mengalami kerugian besar.

"Korban jiwa nihil. Hanya kerugian materil ditaksir mencapai Rp 100 juta," kata Salam Bikwanto. (fat)