Susunan AKD DPRD Banyuwangi Periode 2024-2029 TerbentukDPRD Banyuwangi

Susunan AKD DPRD Banyuwangi Periode 2024-2029 Terbentuk

DPRD Banyuwangi bentuk alat kelengkapan dewan periode 2024-2029. (Foto: Istimewa)

KabarBanyuwangi.co.id - DPRD Kabupaten Banyuwangi telah membentuk susunan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) untuk periode 2024-2029.

Pembentukan AKD disepakati kemarin dalam rapat paripurna internal yang dihadiri oleh anggota dewan dari enam fraksi di DPRD Banyuwangi.

"Sudah ada musyawarah mufakat dan telah menyetujui nama-nama pimpinan maupun anggota AKD yang diusulkan oleh enam fraksi, seluruhnya telah sepakat," kata Wakil Ketua DPRD, Michael Edy Hariyanto, Kamis (3/10/2024).

Baca Juga :

AKD terdiri dari Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Banmus), Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), Badan Kehormatan, serta komisi-komisi.

Michael menjelaskan, untuk unsur Banmus dan Banggar dipimpin oleh Ketua dan Wakil Ketua DPRD Banyuwangi karena bersifat ex-officio.

Bapemperda dipimpin Ahmad Masrohan dari Fraksi PDI Perjuangan, bersama politisi Partai Golkar Sofiandi Susiadi sebagai wakil ketua.

Kemudian struktur Badan Kehormatan (BK) Dewan diketuai oleh Suwito dari Fraksi Gerindra dan politisi Partai Golkar Umi Kulsum sebagai wakil ketua.

Komposisi untuk komisi-komisi juga dibentuk. Komisi I Bidang Pemerintahan, Hukum, Politik dan Ormas dipimpin Marifatul Kamila (Golkar), Wakil Ketua, Yayuk Bannar Sri Pangayom (PDIP), dan Sekretaris, Riccy Antar Budaya (Demokrat).

Komisi II Bidang Perekonomian dan Pertanian diketuai Emy Wahyuni Dwi Lestari (Demokrat), Wakil Ketua I Gede Sudro Wicano (Nasdem), dan Sekretaris Sri Yuliani (Golkar).

Komisi III Bidang Keuangan dan Kesejahteraan Rakyat dipimpin Febry Prima Sanjaya (Nasdem), Wakil Ketua H. Naufal Badri (Gerindra), dan Sekretarisnya Wagiyanto (PDI Perjuangan).

Komisi IV Bidang Pembangunan dan Pendidikan, diketuai oleh Patemo (PDIP), Wakil Ketua Yuliawan Bambang Sukiyanto (Demokrat), dan Sekretaris Ratih Nur Hayati (Nasdem).

“Dengan terbentuknya struktur AKD, seluruh anggota DPRD sudah mulai melaksanakan tugas, fungsi dan kewenangannya secara optimal,” ucap Michael.

Ketua DPC Partai Demokrat itu meminta dukungan dan doa dari masyarakat Banyuwangi agar semuanya bisa berjalan dengan baik. “Semoga nantinya apa yang kita perjuangkan di DPRD bisa berpihak kepada masyarakat,” ungkapnya. (fat)