Ucapan Ipuk Sugirah

Dramatis! Evakuasi Sopir Truk Terjepit Kabin Kendaraan Selama Dua JamPolresta Banyuwangi


Dramatis! Evakuasi Sopir Truk Terjepit Kabin Kendaraan Selama Dua Jam

Keterangan Gambar : Warga menolong, sopir truk yang kakinya terjepit kabin di Jalan Raya, Desa Sumbersari, Srono, Jumat malam. (Foto: Firman)

KabarBanyuwangi.co.id -Tabrakan yang melibatkan truk dan mobil pribadi terjadi di Jalan Raya Jember, Desa Sumbersari, Kecamatan Srono, Banyuwangi, Jumat (29/01/2021), malam.

Diduga menghindari “adu banteng” dengan kendaraan dari arah berlawanan, sebuah truk diesel berplat nomor P-8356-UY yang melaju dari Banyuwangi menuju Kecamatan Genteng memilih banting setir ke kiri hingga menabrak sebuah mobil Ayla yang gagal didahuluinya.

Akibat musibah ini, mobil Ayla berplat nomor P-1860-HA yang ditabrak truk terpental sejauh lima meter hingga menabrak pohon. Sedang truk yang menabrak juga oleng ke arah kiri hingga akhirnya terhenti setelah menabrak sebuah pohon yang sama.

Baca Juga :

Beruntung, meski kedua kendaraan rusak parah, tiga penumpang Ayla, dua di antaranya wanita dilaporkan selamat, hanya mengalami luka ringan. Oleh warga, langsung dievakuasi ke RSUD Genteng guna mendapatkan perawatan medis.

Sementara itu, lantaran kaki kirinya terjepit kabin kendaraannya yang ringsek, sang sopir truk diketahui bernama Edy Lung, warga Kecamatan Genteng, Banyuwangi, tidak bisa langsung diangkat oleh warga untuk turun dari kendaraannya.

Proses evakuasi sopir naas ini berlangsung dramatis. Warga sempat mencongkel kabin truk dengan linggis, namun upaya itu tetap tidak mampu menolong sopir yang sudah merintih kesakitan, karena kakinya terjepit bodi truk tidak bisa digerakkan.

Dua jam lamanya berjibaku, sang sopir akhirnya berhasil dievakuasi warga, setelah bagian bodi truk yang ringsek ditarik dengan truk lain. Oleh warga, sopir truk naas yang mengalami luka di kaki cukup parah ini langsung dievakuasi ke rumah warga untuk selanjutnya dibawa ke rumah sakit.

“Dua kendaraan ini sama-sama dari arah timur (arah Banyuwangi) menuju arah Genteng. Saat di lokasi kejadian, truk ini sepertinya mau menyalip. Entah karena ada kendaraan di depannya atau gimana, truk ini banting setir ke kiri hingga akhirnya terjadi tabrakan,” kata Maulud, warga Desa Sumbersari di lokasi kejadian.

“Kedua kendaraan oleng dan sama-sama menabrak pohon. Semua penumpang mobil Ayla Alhamdulilah selamat. Sopir truk juga selamat, hanya saja tadi agak lama evakuasinya karena kakinya kejepit bodi. Dua jaman begitu evakuasinya,” imbuh Maulud.

Peristiwa kecelakaan ini masih diselidiki Tim Unit Laka Lantas Polresta Banyuwangi. Hingga Sabtu dini hari, Polisi masih melakukan olah TKP dan memeriksa sejumlah saksi guna mengetahui penyebab pasti kecelakaan. Dugaan sementara, kecelakaan terjadi lantaran kurang hati-hatinya sang sopir truk saat hendak mendahului kendaraan di depannya. (man)