Hilang Misterius Selama Sehari, Pendaki Kawah Ijen Ditemukan SelamatTim SAR Gabungan


Hilang Misterius Selama Sehari, Pendaki Kawah Ijen Ditemukan Selamat

Keterangan Gambar : Gafila Dabi Ardriani (19), pendaki asal Bondowoso yang sempat hilang di TWA Ijen ditemukan dalam kondisi lemas. (Foto: Istimewa)

KabarBanyuwangi.co.id - Tim SAR Gabungan berhasil menemukan dan mengevakuasi seorang wisatawan yang sempat hilang misterius selama sehari semalam di TWA Kawah Ijen.

Sebelumnya korban, Gafila Dabi Ardriani (19), warga Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Bondowoso, dilaporkan menghilang sejak Sabtu (7/5/2022) dinihari usai terpencar dari rombongan berjumlah 13 orang.

Kepala Pos SAR Banyuwangi Wahyu Setya Budi mengatakan, semula korban bersama 13 rekannya mendaki TWA Kawah Ijen pada Sabtu (7/5/2022) sekira pukul 02.00 WIB.

Baca Juga :

Rombongan sampai di puncak sekitar pukul 04.00 WIB. Selanjutnya 14 orang ini terpencar. Korban hanya bersama 1 orang rekannya.

Baru sejam berada di puncak, sekitar pukul 05:00 WIB, rekannya mengajak korban turun tak kuat menahan dingin.

"Namun di tengah perjalanan, kurang dari 500 meter menuju Paltuding, korban mengeluh sakit perut kepada rekannya," kata Wahyu, Minggu (8/5/2022).


Korban dibawa ke Posko SAR dan diserahkan ke keluarganya. (Foto: Istimewa)

Bukannya turun ke Paltuding, korban justru kembali naik ke puncak Ijen. Sehingga rekannya memutuskan melanjutkan perjalanan turun menuju Paltuding.

"Rekannya sampai di Paltuding sekitar pukul 07:30. Kemudian menelepon korban. Korban sempat menjawab telepon dari rekannya dan mengatakan sudah pulang di rumah," sambungnya.

Tanpa curiga, akhirnya teman korban memutuskan untuk menyusul pulang sekitar pukul 09:00 WIB. Namun sejam kemudian, rekannya itu mendapat telepon dari orang tua korban yang menyampaikan bahwa anaknya belum pulang.

Sabtu malam keluarganya melapor ke petugas jaga Pol Paltuding. Setelah mendapat kabar itu, petugas langsung dikerahkan untuk melakukan pencarian.  

"Pencarian berhasil. Korban berhasil ditemukan  Minggu siang sekitar pukul 10:35 WIB. Korban kita temukan di perengan jurang dalam kondisi lemas dan tidak mengenakan baju. Selanjutnya korban kita bawa ke Posko SAR dan diserahkan ke keluarganya," pungkasnya. (fat)