Masyarakat Diminta Waspada Pohon Tumbang Sepanjang Musim HujanBPBD Banyuwangi


Masyarakat Diminta Waspada Pohon Tumbang Sepanjang Musim Hujan

Keterangan Gambar : Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD, Banyuwangi, Eka Muharram. (Foto: Fattahur)

KabarBanyuwangi.co.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi memperkirakan puncak musim penghujan masih akan berlangsung hingga akhir Februari 2021. Hujan dengan intensitas tinggi dalam waktu yang cukup lama berpotensi menimbulkan bencana.

Sejumlah bencana alam yang bisa terjadi seperti banjir, longsor, dan angin yang menyebabkan pohon tumbang. Oleh sebab itu, masyarakat khususnya pengguna jalan diminta untuk hati-hati dan waspada ketika berkendara di musim hujan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD, Banyuwangi, Eka Muharram menyebutkan, beberapa tanda-tanda akan adanya potensi angin kencang dan angin puting beliung diantaranya adanya gumpalan awan hitam.

Baca Juga :

"Masyarakat kami imbau untuk lebih meningkatkan kewaspadaan. Sebab beberapa hari terakhir, terdapat gumpalan awan hitam di langit Banyuwangi," ujarnya, Selasa (23/2/2021).

Pengguna jalan, juga diminta untuk tidak melanjutkan perjalanannya ketika hujan lebat. Sebaiknya berhenti dan mencari tempat yang aman.

"Ketika mengetahui terjadi hujan dan angin kencang, pengendara yang menepi agar menjauhi jalan yang dekat dengan pohon menjulang tinggi. Sebab rawan terjadi pohon tumbang," pintanya. (fat)