Bank Bukopin mengumumkan secara resmi pergantian identitas perusahaan menjadi KB Bukopin. (Foto: Istimewa)
KabaBanyuwangi.co.id - Bank Bukopin secara resmi mengumumkan pergantian identitas perusahaan menjadi KB Bukopin pada hari ini, Selasa (23/2/2021).
KB Bukopin menyampaikan perubahan nama dan logo sebagai salah satu langkah strategis yang dilakukan Perseroan dalam rangkaian proses transformasi yang dimulai sejak September 2020. Tagline logo baru KB Bukopin adalah "Bersama, Kita Bintang Finansialnya".
"Pergantian nama dan logo ini
bukan sekadar simbol. Ini adalah bentuk keseriusan kita dalam melakukan
transformasi untuk menjadi lebih baik lagi, dan wujud keyakinan KB Kookmin Bank
dengan potensi yang kita miliki. Sejak tahun 2018, KB memutuskan investasi di
Bukopin dengan keyakinan akan terdapat kolaborasi yang sangat baik dengan
kami,” jelas President Director KB Bukopin, Rivan A Purwantono dalam rilisnya
yang diterima KabarBanyuwangi.co.id.
“Kini sebagai PSP, dukungan KB
Kookmin Bank semakin solid. Kesamaan karakteristik lini bisnis di segmen retail
dan UMKM, dan pangsa pasar yang dimiliki oleh KB Kookmin Bank dan KB Bukopin
menjadikan kolaborasi yang sempurna dalam menciptakan pertumbuhan kinerja
bisnis yang berkelanjutan ke depannya, sehingga dengan penggunaan brand
identity KB Bukopin, kami semakin optimis mampu perbaiki kinerja dan melayani
nasabah dengan lebih baik lagi," tambahnya.
KB Bukopin yakin dengan langkah
transformasi yang dijalani dapat mewujudkan visi menjadi Top 10 bank di
Indonesia dan menjadi pemain digital utama bagi bisnis retail dan segmen UMKM.
Ditambah dukungan dari Pemegang Saham Pengendali, KB Kookmin Bank yang memiliki
reputasi internasional dan terbukti berhasil memperluas ekspansinya di kawasan
Asia Tenggara.
Dalam realisasinya, KB Bukopin
sejak beberapa bulan terakhir berhasil meraih nasabah baru dari korporasi Korea
yang beroperasi di Indonesia, berkat kuatnya reputasi brand KB.
KB Kookmin Bank sebagai bank nomor
satu dan dibawah naungan grup finansial terbesar di Korea Selatan telah
memiliki basis nasabah yang kuat di berbagai negara, dan hal ini juga akan
dikembangkan di Indonesia bersama KB Bukopin.
Selain KB Bukopin, KB Kookmin Bank sebelumya telah
memperluas jaringan dengan mengakuisisi bank di China, Kamboja dan Myanmar.
Sedangkan kantor cabang KB Kookmin Bank di luar Korea sudah terdapat di 15
kota, mulai dari Tokyo, Auckland, hingga New York dan London.
"KB Kookmin Bank dan KBFG
memberikan dukungan yang luar biasa kepada kami, termasuk dalam penggunaan
brand identity KB. Dengan iklan KB Kookmin Bank yang ditayangkan di media sejak
akhir Desember lalu dengan brand ambassadornya, BTS, ikut membantu familiaritas
brand KB dan Bukopin secara paralel," ucap Rivan.
"Pengumuman hari ini adalah
milestone selanjutnya bagi kami. Komitmen kami dengan brand KB Bukopin, bersama KB Kookmin Bank untuk
menjadi bintang finansial Indonesia," tutup Rivan.
Dengan bekal serta dukungan
karyawan, nasabah, pemegang saham, regulator, media serta stakeholder
lainnya, KB Bukopin akan
terus memanfaatkan momentum untuk meningkatkan performa untuk menjaga
kepercayaan masyarakat. Pengumuman perubahan nama menjadi KB Bukopin pertama kali disampaikan
Perseroan tanggal 11 Februari 2021 melalui Keterbukaan Informasi di Bursa Efek
Indonesia.
Menurut Corporate Secretary KB Bukopin, Meliawati, pengumuman hari ini dilakukan untuk memenuhi ketentuan regulator dan menyampaikan secara luas kepada masyarakat akan branding baru KB Bukopin. Adapun, perubahan di berbagai atribut fisik dan digital dilakukan bertahap. (man)