Ucapan Ipuk Sugirah

Ikawangi Sumatera Utara Rayakan Ulang Tahun ke-2ISG Sumut


Ikawangi Sumatera Utara Rayakan Ulang Tahun ke-2

Keterangan Gambar : Keluarga Besar ISG Provinsi Sumut ( emak emak ISG). (Foto: Istimewa)

KabarBanyuwangi.co.id - Sepekan lalu bersamaan dengan hari lahirnya Ikawangi Sumut, sekaligus peringatan hari lahir Ikawangi Sumatera Group tanggal 4 Januari 2021. Jauh-jauh hari dipersiapkan oleh Kang Meselan, ketua ISG Sumut, dengan didukung ketua panitia Kang Andi Suwignyo asli Mojoroto Banyuwangi Kota, beserta timnya untuk suksesnya acara ini.

D' Johor Cofee and seafood milik Kang H. Sodiq Sekretaris Umum 2 ISG Pusat, asli Genteng, Jalan Karya Jaya 160 Medan Johor- Kota Medan, disediakan sebagai tempat berlangsungya acara ini.

Rangkaian acara yang telah dikemas dengan apik oleh Kang Ali Mas'ud Humas ISG Prov Sumut ini dimulai pada pukul 10.00 WIB. Diawali dengan pemberian santunan kepada puluhan anak yatim Piatu serta kaum Duafa di lingkungan sekitar Medan. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alqur"an dan doa,

Baca Juga :

Mengiringi acara pagi itu, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu Umbul-Umbul Ikawangi oleh semua hadirin yang hadir, dilanjutkan sambutan Ketua panitia acara oleh Kang Andi, kemudian Ketua ISG Provinsi Sumut kang Meselan yang melaporkan hingga hari ini sudah mencapai hampir 100 Kepala Keluarga yang tercatat resmi sebagai anggota.

ISG Sumut terus membuka diri dan menjemput dulur dulur perantau Banyuwangi, yang masih belum terjangkau semuannya. Keberadaan mereka yang tersebar di wilayah Provinsi Sumut, diharapkan bisa segera bergabung bersatu padu di dalam wadah ISG Sumut.

Tentunya tanpa unsur paksaan, Kang Meselan juga menyampaikan bahwa pentingnya upaya meningkatkan kegiaatan sosial dan bantuan kemanusiaan seperti yang sudah galang saat ini,

Kemudian Bantuan sosial untuk dulur dulur ISG yang terdampak banjir beberapa waktu lalu, Bantuan terhadap dulur yang terjangkit Covid-19 juga aktif dilakukan saat ini, yang menarik sumber dana donasi ini digalang secara mandiri dari iuran dan sumbangan warga ISG yang berada di Sumut ini.

Point berikutnya adalah rencana pembentukan Korwil ISG yang berada di wilayah Sumut menjadi Program kerja yang akan direalisasi dalam tahun ini. Kegiatan Pemberdayaan Ekonomi antar warga juga sudah cukup menggeliat, khususnya peluang UMKM yang sedang dikembangkan secara individu dan kolompok usaha di bidang kuliner cukup maju pertumbuhannya.

Dalam penutup pidatonya, kang Meselan mengharapkan ISG Sumut akan menjadi tempat yang nyaman bagi warganya. Tanpa membedakan mereka dari status dan strata sosial, yang mereka miliki saat ini.

Acara ini juga dihadiri oleh Pengurus ISG Pusat Pekanbaru, antara lain Wakil Ketua Umum 2 Kang Nurhidayat, Sekjen Kang Hery Susanto dan Bendahara Umum Kang Ade Riyanto serta beberapa orang Pengurus perwakikan ISG Prov Riau turut pada acara tersebut.


Keterangan Gambar : Dari Kiri kekanan , Waketum 2 ISG  Kang Nur), Sekjen ISG Pusat (Kang Hery.S,) Bendahara Umum ISG pusat (Kang Ade.R), Walikota Tebing Tinggi Bp IR H.Umar Hasibuan, Ketua ISG Prov Sumut (Kang Mesealan)dan Sekretaris 2 ISG Pusat ( Kang H Sodiq).  (Foto: Istimewa)

Dalam sambutannya Kang Nurhidayat  mewakili Ketua umum ISG Pusat Amma Kusbani, menyampaikan bahwa pertumbuhan ISG yang baru berumur dua tahun cukup mengembirakan, dilihat dari bertambahnya jumlah anggota yang terus meningkat dan maju pesat. Ini tentunnya bisa terwujud dengan usaha keras dan ikhlas dari semua pengurus dari Pusat, Provinsi hingga Korwil yg senantiasa mampu bekerja sama dan berkolaborasi untuk memajukan ISG ini.

Fungsi ISG Pusat berperan sebagai pendorong, ISG Provinsi dan ISG Korwil sebagai penggerak roda kegiatan di wilayah masing masing. Tanpa adannya intervensi yang dilakukan ISG Pusat diharapkan mereka mampu mewujudkan gagasan dan Inovasi pengembangan untuk membawa Paguyuban lebih maju di masa mendatang, seiring diberikannya ruang terbuka untuk keleluasaan mengatur dan memajukan kegiatan Ekonomi, Budaya, sosial dan religi di ISG Sumut.

Hadir juga tamu kehormatan Bapak Ir.H Umar Hasibuan Walikota Tebing Tinggi, Sumut yang ikut serta menyaksikan atraksi dan kesenian Banyuwangi asli Gandrung Marsan Sumut dan pada kesempatan itu ikut juga memberikan sambutan singkat. Intinya Ikawangi Sumut adalah merupakan Paguyuban yang patut dicontoh dalam memelihara tali persaudaraan dengan mengedepankan kepedulian terhadap anggotanya.

Dalam kesempatan itu juga Pak Walikota menceritakan panjang lebar tentang pesona Banyuwangi, atas pengalaman kunjungan beliau selama ini ke Banyuwangi. Rekan rekan Paguyuban Jawa timur lainnya ikut hadir, Pagarjati, Arema, juga turut larut dalam rangkaian acara.

Kita tunggu Ulang Tahun ISG 2023, Ikawangi Sumut akan menjadi point center dan tempat berkumpulnya ISG di seluruh Sumatera. Mereka direncanakan akan menggelar Pertemuan, dengan latar belakang Pesona Wisata Sumatera Utara.

(Penulis: Hery Susanto, Sekjen ISG Pusat Asli Lemahbang Dewo Rogojampi, Banyuwangi)