Polisi Dirikan Posko Darurat Penunjang Pencarian KRI Nanggala 402Satpolair Polresta Banyuwangi


Polisi Dirikan Posko Darurat Penunjang Pencarian KRI Nanggala 402

Keterangan Gambar : Polisi dirikan Posko SAR di kawasan kantor Satpolair Banyuwangi. (Foto: Firman)

KabarBanyuwangi.co.id - Satu tenda darurat dari Polresta Banyuwangi, mulai didirikan di Pantai Kawasan Kentor Satpolair Polresta Banyuwangi sejak Jumat Malam (23/04/2021).

Tenda  darurat yang berhadapan langsung dengan Selat Bali ini, dijadikan sebagai Posko SAR milik personil Kepolisian dalam membantu upaya pencarian KRI Nanggala 402 yang hilang di perairan Utara Pulau Bali.

Posko ini difungsikan, untuk memantau langsung aktivitas kapal-kapal Nelayan agar tidak sampai mengganggu operasional kapal-kapal milik TNI, Polisi maupun Basarnas yang melakukan pencarian di Selat Bali.






Baca Juga :

Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin bersama Kasat Pol Air Polresta Banyuwangi Kompol Jeni Al Jauza, tampak meninjau kesiapan Posko Daerat pada Jumat Siang.

Pada kesempatan tersebut, Kapolresta juga memberikan arahan kepada personil Pplisi di lapangan. Namun Kapolres menolak memberi keterangan, karena semua terkait hilangnya KRI Nanggala 402 keterangan akan disampaikan Dipen TNI AL.

Posko Darurat ini didirikan, sebagai antisipasi sewaktu-waktu pencarian KRI Nanggala 402 membuahkan hasil. Bisa dijadikan Posko Alternatif selain Posko utama di kawasan pelabuhan Tanjungwangi, maupun Lanal Banyuwangi.


Keterangan Gambar : Petugas Satpolair Polresta Banyuwangi rutin patroli di sekitar perairan Selat Bali. (Foto: Firman)

Tidak hanya tenda darurat, berdasarkan pantauan KabarBanyuwangi.co.id di lokasi, juga disiagakan satu unit ambulance lengkap dengan Tim Medis dari Kedoktrean Polri.

Sejumlah kapal milik Polresta Banyuwangi, masih terpantau terus melakukan Patroli di sepanjang Selat Bali. Patroli ini dilakukan, guna menunjang keamanan dan kelancaran jalanya operasi SAR dari Kapal-Kapal Perang milik TNI dan Kapal Negara (KN) Basarnas.

Kapal-Kapal Basarnas dilengkapi peralatan modern, seperti Forward Infrared sebagai alat pendektiksi objek di malam hari, Rada, Multibeam Echosounder (MBES), untuk mencai nilai kedalama laut, sekalgus untuk mendektsi sifat permukaan dasar laut dengan resolusi tinggi. (man)