Strategi Polresta Banyuwangi Cegah Kerumunan Saat Vaksinasi MassalPolresta Banyuwangi


Strategi Polresta Banyuwangi Cegah Kerumunan Saat Vaksinasi Massal

Keterangan Gambar : Pelaksanaan vaksinasi di Klenteng Hoo Tong Bio. (Foto : Fattahur)

KabarBanyuwangi.co.id - Mengantisipasi kerumunan warga yang ingin melakukan vaksinasi Covid-19, Kepolisian Sektor Kota (Polresta) Banyuwangi mengatur mekanisme pendaftaran, pendataan, hingga waktu kedatangan peserta demi mencegah potensi penularan virus Corona, saat berlangsungnya vaksinasi.

"Kami terapkan beberapa mekanisme guna mencegah kerumunan saat vaksinasi massal," ujar Wakapolresta Banyuwangi, AKBP Didik Hariyanto saat meninjau pelaksanaan serbuan vaksinasi massal yang digelar di Klenteng Hoo Tong Bio, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (10/7/2021).

Didik menjelaskan, strategi yang digunakan yakni dengan cara melakukan pendataan warga sebelum pelaksanaan vaksinasi. Pendataan dilakukan oleh Babinkamtibmas di masing-masing desa/kelurahan.

Baca Juga :

Sebelum vaksinasi, Babinkamtibmas mendata warga penerima vaksin. Sedikitnya 60 warga di masing-masing kelurahan. Setelah didata sesuai kartu tanda penduduk (KTP), masing-masing warga mendapat nomor urut, formulir vaksinasi, dan kartu undagan.

"Nomor urut, formulir vaksinasi, dan kartu undagan tersebut digunakan saat pelaksanaan vaksinasi. Apabila ada warga yang tidak membawa itu, maka tidak dilayani. Ini demi mencegah kerumunan dan antisipasi penularan Covid-19," jelasnya.

Selain itu, lanjut Didik, waktu kedatangan peserta vaksin juga diatur. Per jamnya dibatasi hanya 200 orang dari total 1500 vaksin yang disediakan.

"Untuk vaksinasi kali ini, total sebanyak 1500 dosis vaksin jenis Sinovac. Dari jumlah tersebut, waktu kedatangan penerima vaksin kita atur, per jamnya 200 orang sesuai nomor antrean yang ada. Sehingga di dalam gedung tidak terjadi kerumunan," urainya.


Tampak santai saat warga divaksinasi oleh petugas. (Foto: Fattahur)

Dengan cara seperti ini, menurut Didik, pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar dan tertib. "Alhamdulillah pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar dan tertib. Kami juga berterimakasih atas antusias dan pengertian masyarakat yang mengikuti vaksinasi dengan tertib," tambahnya.

Didik menambahkan, strategi yang digunakan petugas hari ini rencananya juga bakal diterapkan saat pelaksanaan vaksinasi berikutnya.

"Kami upayakan setiap hari Sabtu kita gelar vaksinasi di tempat yang berbeda sesuai dengan data dan seabaran Covid-19 di Banyuwangi. Untuk hari ini kami bekerjasama dengan pengurus Klenteng Hoo Tong Bio," pungkasnya.

 Sementara itu, Sekretaris Klenteng Hoo Tong Bio Alexander Martin mengungkapkan, pihaknya bersyukur Kleteng Hoo Tong Bio dijadikan sebagai tempat pelaksanaan vaksinasi.

"Kami bersyukur di tempat kami mendapat jatah 1500 vasksin. Antusias warga juga tinggi, namun strategi menggunakan nomor urut dan jam kedatangan yang telah ditetapkan bisa berjalan baik. Sehingga tidak sampai menimbulkan kerumunan massa," jelasnya. (fat)