Iklan Banner Atas Luminor Hotel Banyuwangi

Aksi Peduli Sesama, Garda Bangsa Banyuwangi Bantu Korban Terdampak BanjirGarda Bangsa Banyuwangi


Aksi Peduli Sesama, Garda Bangsa Banyuwangi Bantu Korban Terdampak Banjir

Keterangan Gambar : Pengurus DKC Garda Bangsa menyerahkan bantuan kepada warga terdampak banjir. (Foto: Istimewa)

KabarBanyuwangi.co.id - Banjir yang menerjang sejumlah wilayah perkotaan Banyuwangi memantik aksi solidaritas dari sejumlah kalangan, salah satunya dilakukan oleh Gerakan Pemuda Kebangkitan Bangsa (Garda Bangsa) Banyuwangi.

Pengurus Dewan Kordinasi Cabang (DKC) Garda Bangsa Banyuwangi, M. Arif Wijaya menyampaikan, pihaknya membantu meringankan beban warga yang terdampak banjir, yakni dengan menyumbangkan 300 nasi bungkus dan air mineral.

"Sebagian langsung kami serahkan kepada ketua RT di lingkungan pesisir Pantai Sobo, dan yang di Lingkungan Gareng dan Pakis Rowo kami serahkan langsung secara door to door ke masing masing rumah warga," ujarnya.

Baca Juga :

Arif melanjutkan, ratusan nasi bungkus tersebut dibagikan ke tiga titik lokasi terdampak banjir. Diantaranya, di pesisir Pantai Sobo, Kelurahan Sobo, Lingkungan Gareng, Kelurahan Sobo, dan di Lingkungan Pakis Rowo, Kelurahan Pakis.

"Ini bentuk keprihatinan kami, dengan kondisi ini kami tergerak untuk membantu sesama. Dan semoga bantuan tersebut bisa bermanfaat dan membantu meringankan beban warga," jelasnya.


Pengurus DKC Garda Bangsa menemuai warga terdampak banjir bagi nasi bungkus. (Foto: Istimewa)

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi mencatat sebanyak 434 rumah warga terendam banjir. Ratusan rumah warga yang terendam banjir akibat air sungai Bagong meluap ke pemukiman warga.

"Sebanyak 434 rumah warga tiga kelurahan di Kecamatan Banyuwangi terendam banjir, diantaranya Kelurahan Sumberejo, Sobo dan Pakis. Terparah di Sumberejo," ungkap Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Poniran kepada wartawan, Rabu siang (9/6/2021).

Poniran merinci, di Kelurahan Sumberejo mencapai 204 rumah. Sedangkan di Kelurahan Sobo sebanyak 157 rumah dan Kelurahan Pakis hanya 71 rumah. "Tidak ada kerusakan, hanya tergenang air saja setinggi 0,5 meter hingga 1 meter," paparnya.

Pasca banjir, Poniran menambahkan, BPBD mulai melakukan upaya evakuasi dan membantu warga yang terdampak banjir. "Saat ini kami membantu para warga yang terdampak banjir," cetusnya. (fat)


Video Terkait: