Putra Banyuwangi, Bima Rafsanjani Rafid Jadi Anggota Dewan Termuda di IndonesiaBima Rafsanjani Rafid, Anggota DPRD Jawa Timur

Putra Banyuwangi, Bima Rafsanjani Rafid Jadi Anggota Dewan Termuda di Indonesia

Bima Rafsanjani Rafid, anggota dewan termuda di Indonesia. (Foto: Istimewa)

KabarBanyuwangi.co.id – Sebanyak 120 Anggota DPRD Jawa Timur periode 2024-2029 resmi dilantik pada 31 Agustus 2024. Salah satu nama yang menarik perhatian publik adalah Bima Rafsanjani Rafid, seorang pemuda asal Banyuwangi yang kini menyandang status sebagai legislator termuda di Indonesia.

Pelantikan berlangsung khidmat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Jawa Timur. Bima, yang baru berusia 22 tahun dan 24 hari pada saat pelantikan, menjadi sorotan utama karena capaian politiknya yang luar biasa.

Meski ini adalah kali pertama Bima terjun ke dunia politik, pemuda kelahiran 7 Agustus 2002 itu mampu mengukir prestasi yang cukup mengesankan.

Baca Juga :

Nama Bima Rafsanjani Rafid mencuat setelah sukses memenangkan kursi DPRD Jatim pada Pileg 2024. Dia maju dari Partai Gerindra di Dapil Jatim 4 yang meliputi Kabupaten Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso.

Secara mengejutkan, sebagai caleg debutan Bima mampu meraup 78.656 suara sehingga lolos sebagai Anggota DPRD Jatim Periode 2024-2029 sekaligus anggota dewan termuda di Indonesia.

"Perolehan suara yang saya raih diluar ekspektasi karena semula hitungan saya diperkirakan di bawahnya. Ternyata bisa melampaui target dan mengungguli seorang incumbent," ungkap Bima Rafsanjani Rafid.

Saat ini, anggota dewan termuda di Indonesia yang akrab disapa Bima tersebut masih berstatus mahasiswa Universitas Brawijaya Malang, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Semester delapan.

"Terjun ke ranah politik karena banyak dorongan dari kawan di organisasi maupun kampus, termasuk orang tua," ungkapnya.

Asal usul Bima Rafsanjani Rafid ternyata lekat dengan Desa Watukebo, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, karena sang ayah, H. Sumail Abdullah, merupakan putra asli Kecamatan Wongsorejo.

Bima Rafsanjani Rafid didampingi keluarganya saat pelantikan Anggota DPRD Jatim periode 2024-2029. (Foto: Istimewa)

H. Sumail Abdullah merupakan Anggota DPR RI yang tiga kali terpilih dan saat ini memegang posisi Ketua DPC Partai Gerindra Banyuwangi.

Pada Pileg 2024, Sumail sama-sama maju sebagai caleg bersama putranya, Bima Rafsanjani Rafid. Di luar dugaan, ayah dan anak tersebut sama-sama melenggang ke parlemen.

Bedanya, Bima Rafsanjani Rafid terpilih sebagai anggota DPRD Jatim periode 2024-2029 yang telah dilantik pada 31 Agustus 2024. Sedangkan H Sumail Abdullah terpilih sebagai Anggota DPR RI 2024-2029 namun masih menunggu masa pelantikan pada 1 Oktober 2024 mendatang. (red)