oleh

Bertemu Tokoh Agama, Ipuk Sampaikan Program Kartu Kehormatan Guru Ngaji dan Agama

KabarBanyuwangi.co.id – Calon Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, bersilaturahmi  dengan tokoh agama di Pondok Pesantren Rodotul Alfiah, Dusun Lugjag, Desa Pengantigan, Kecamatan Rogojampi, Selasa (6/10/2020).

Dalam kesempatan itu, Ipuk menyampaikan program Kartu Kehormatan Guru Ngaji dan Agama.

“Kartu Kehormatan Guru Ngaji dan Agama ini merupakan ikhtiar kami untuk memuliakan Bapak/Ibu guru ngaji dan guru agama. Memang, pengabdian Bapak/ibu semua tidak bisa diukur dengan materi, tapi izinkan kami menyiapkan program sebagai apresiasi,” kata Ipuk.

Adapun program yang ada dalam Kartu Kehormatan itu ada empat jenis. Pertama. menaikkan insentif (tanda kehormatan) serta memperluas sasaran penerima kepada para guru lintas agama.

Baca Juga: KPU Banyuwangi Buka Pendaftaran KPPS, Inilah Syaratnya

Baca Juga: Bawaslu Banyuwangi Dampingi Ikrar Netralitas ASN Se-Kabupaten

Baca Juga: Gus Riza Janjikan Satu Traktor untuk Gapoktan dan Asuransi Gagal Panen Bagi Petani

Kedua, pelatihan peningkatan kapasitas dengan mengikutsertakan guru ngaji dan guru agama dalam kursus-kursus. Ketiga, disiapkan bantuan kitab/buku serta media pembelajaran lainnya. Keempat, ada beasiswa studi agama ke berbagai kampus atau perguruan tinggi.

”Jadi guru ngaji bisa lanjut studi di Institut Agama Islam, demikian guru agama dari sahabat lintas agama bisa studi lanjut ke sekolah tinggi sesuai agama masing-masing,” ujarnya.

Selama ini, tambah Ipuk, insentif guru ngaji sudah berjalan di Banyuwangi selama beberapa tahun terakhir.

“Tentu dilanjutkan dan bahkan siap ditingkatkan. Juga guru keagamaan sahabat-sahabat lintas agama, semua diperhatikan,” tambah Ipuk.

Dalam program keumatan juga ada bantuan renovasi pondok pesantren, renovasi rumah ibadah dan bantuan dana operasional rumah ibadah seluruh agama yang ada di Banyuwangi.

(Foto: istimewa)
(Foto: istimewa)

Kiai Rozaq, pengasuh Pondok Pesantren Rodotul Alfiah, mengatakan, selama ini pemerintah telah sangat memberikan perhatian pada bidang keagamaan.

“Telah banyak bantuan yang diberikan pada pondok pesantren,” kata Kiai Rozaq.

Rozaq berharap agar program-program tersebut bisa dilanjutkan oleh Ipuk Fiestiandani apabila terpilih sebagai bupati.

“Apabila ditakdirkan sebagai Bupati Banyuwangi, kami mewakili guru ngaji dan pengasuh pondok pesantren berharap agar Bu Ipuk bisa melanjutkan dan lebih menyempurnakan lagi program-program keumatan yang telah dikerjakan Pemkab Banyuwangi selama ini. Kami mendukung kesinambungan program di Banyuwangi,” pungkasnya. (red)

_blank