Iklan Atas ASTON Banyuwangi

Dokter Forensik Beberkan Hasil Otopsi Mayat Wanita Ditemukan Mengapung di Sungai Setail TegaldlimoRSUD Blambangan


Dokter Forensik Beberkan Hasil Otopsi Mayat Wanita Ditemukan Mengapung di Sungai Setail Tegaldlimo

Keterangan Gambar : Petugas membawa mayat wanita S (56) usai dilakukan proses otopsi. (Foto: Fattahur)

KabarBanyuwangi.co.idPetugas Forensik RSUD Blambangan beberkan hasil otopsi mayat S (56), wanita yang ditemukan tewas mengapung di Sungai Setail, Desa Wringinpitu, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi,

Hasilnya, tim forensik menemukan adanya bekas semacam tali pada leher korban.

"Kita menemukan adanya jejak, itu seperti bekas tali pada daerah leher, dari kiri ke kanan," kata Dokter Forensik RSUD Blambangan, dr. Solakhudin kepada wartawan, Sabtu (21/1/2023).

Baca Juga :

Selain itu, lanjut Solakhudin, kulit kepala korban warnanya ungu kehitaman. Kondisi ini, menurutnya, menunjukkan jika korban kekurangan oksigen.

"Sehingga meninggalnya korban ini, kemungkinan besar karena kekurangan oksigen akibat sumbatan pada daerah leher," terangnya.

Kemudian, tim medis juga menemukan adanya beberapa luka memar di bagian kepala. Solakhudin menyebut, luka tersebut kemungkinan disebabkan  benturan ketika tubuh korban hanyut di sungai.

"Karena korban ini hanyut di sungai, sehingga tidak menutup kemungkinan benturan dengan batu," kata dia.

Mengenai perut korban yang buncit. Solakhudin memastikan korban tidak dalam keadaan hamil. Melainkan karena proses pembusukan gas Hidrogen Sulfida (H2S).

"Pada waktu kita buka yang keluar adalah gas udara, pembusukan H2S. Ukuran dari rahim juga dalam kondisi normal. Jadi tidak hamil, apalagi usianya sudah 56 tahun," tegasnya.


Dokter Forensik RSUD Blambangan, dr. Solakhudin. (Foto: Fattahur)

Sementara untuk perkiraan meninggalnya korban, masih kata Solakhudin, diperkirakan sudah sekitar 2-3 hari.

"Kalau dihitung mulai hari ini pada waktu saya membuka, dengan sudah mulai terjadinya gas pembusukan, kurang lebih 2-3 hari," tukasnya.

Seperti diketahui, mayat wanita berusia 56 tahun ini ditemukan mengapung di Sungai Setail, Desa Wringinpitu, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi, Jumat (20/1/2023).

Mayat wanita itu ditemukan sekira pukul 06:00 WIB, oleh warga setempat ketika hendak buang air besar di Sungai Setail.

Saat ditemukan, mayat wanita berkulit kuning langsat dan rambut sebahu itu hanya mengenakan kaos oblong berwarna hitam. (fat)