Gunung Raung Kembali Erupsi Keluarkan Asap KelabuPPAG Raung


Gunung Raung Kembali Erupsi Keluarkan Asap Kelabu

Keterangan Gambar : Gunung Raung erupsi keluarkan asap kelabu. (Foto: Istimewa)

KabarBanyuwangi.co.id - Gunung Raung kembali erupsi, mengeluarkan asap berwarna kelabu. Asap tersebut terlihat dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung.

Kepala PPGA Raung, Mukijo menyampaikan, asap membumbung setinggi 100 sampai 400 meter tertiup lemah mengarah ke selatan. Dan saat ini, aktifitas di Gunung Raung tertutup awan mendung.

"Munculnya asap kelabu dari Gunung Raung tersebut menandakan adanya erupsi di Gunung Raung," ungkap Mukijo saat dihubungi sejumlah wartawan, Kamis (21/1/2021).

Baca Juga :

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan sejak pukul 00:00 hingga 06:00 WIB, PPGA Raung mencatat Gunung Raung mengalami 32 kali erupsi, terekam di seismograf dengan amplitudo 1 sampai 5 mm berdurasi 81-493 detik.

Meski Erupsi, kata Mukijo, status Gunung Raung masih level normal atau level 1. Pihaknya menghimbau masyarakat ataupun wisatawan untuk tidak mendekati kawasan sekitar Gunung Raung.

"Masyarakat dan pengunjung tidak diperbolehkan turun mendekati kawah yang ada di puncak serta berada di sekitar puncak kawah Gunung Raung karena gas-gas vulkanik yang keluar dari kawah sangat berbahaya," harapnya. (fat)