Ikawangi Sumatera Provinsi Riau Melantik Pengurus 2 Korwil SekaligusISG Sumatera


Ikawangi Sumatera Provinsi Riau Melantik Pengurus 2 Korwil Sekaligus

Keterangan Gambar : Foto bersama Pelantikan ISG Korwil Pekanbaru kota. (Foto: Istimewa)

KabarBanyuwangi.co.id - Ikatan Keluarga Banyuwangi, (Ikawangi) Sumatera Group (ISG) Provinsi Riau semakin eksis dan terus tumbuh berkembang sejak tahun 2020, sudah 5 Korwil Ikawangi di Kabupaten kota Provinsi Riau yang dikukuhkan.

Diantaranya, Korwil Pelalawan, Korwil Rokan Hilir, Korwil Kuantan Singingi, Korwil Kota Pekanbaru, Korwil Kampar 01, menyusul Korwil Siak dan Korwil Indragiri Hulu yang akan segera dilakukan Pelantikan Pengurus tahun ini.

Semakin berkembang dan banyaknya warga asli Banyuwangi dan keturunan Banyuwangi yang bermukim di daerah wilayah Riau, yang bergabung pada paguyuban ini, menuntut untuk segera dibentuk Pengurus Wilayah secara cepat.

Baca Juga :

Hal tersebut dilakukan guna mempermudah akses komunikasi antar warga, yang semata-mata untuk menjalin tali silaturahmi dan menyambung seduluran dalam upaya melestarikan adat dan budaya asli Banyuwangi di Bumi Sriwijaya ini.

Pada tanggal 7 November 2021, Ketua Ikawangi Sumatera Group (ISG) Provinsi Riau Kang H. Ali Surahman, asal Desa Kaliboyo, Kecamatan Purwoharjo, memilih tempat  di Kantor Sekretariat ISG Provinsi Riau, Jl Garuda Sakti KM 01 Pekanbaru, untuk melakukan pelantikan Pengurus 2 (dua) Korwil sekaligus, yang terdiri dari ISG Korwil Kampar 01, dan Korwil Pekanbaru Kota.


Ketua ISG Provinsi Riau, Kang H Ali Surahman, melantik Ketua Korwil Pekanbaru Kota, Kang Edvan Triadi. (Foto: Istimewa)

Kang Mufid Mawardi Ketua ISG Korwil Kampar 01, dan Edvant Triadi ketua Korwil Pekanbaru Kota, hari ini telah resmi dikukuhkan dan dilantik oleh Kang H. Ali Surahman.

Acara pelantikan Pengurus kedua Korwil ini juga dihadiri oleh jajaran Pengurus ISG Pusat. Terlihat hadir Kang Nurhidayat, Ketua Umum ISG Pusat, Kang Muhamnad Iswan Wakil Ketua-2, ISG Pusat asal Desa Kebondalem, Kecamatan Bangorejo, dengan didampingi Kang Ade Rianto Bendahara Umum serta Kang Hery Susanto, Sekjen ISG Pusat pada prosesi tersebut .

Diharapkan terbentuknya Pengurus Korwil ISG ini akan semakin mendorong warga perantau asli Banyuwangi yang masih bertebaran di wilayah Riau untuk segera diajak dan dirangkul disemua lapisan.

Harapannya ISG adalah rumah yang nyaman bagi mereka, dan di paguyuban ISG ini tidak membedakan pangkat, jabatan status sosial. ISG akan terus membumi (down to earth) untuk menyentuh mereka hingga ke akar rumput.

Bahkan anggota luar biasa dan anggota kehormatan yang berasal dari warga keturunan non Banyuwangi sudah semakin bertambah. Itulah bukti bahwa ISG sangat diminati dan menjadi pesona dikalangan masyarakat luas.


Foto bersama pengurus ISG Korwil Kampar 01, ISG Provinsi Riau dan ISG Pusat. (Foto: Istimewa)

Berbagai kegiatan yang difokuskan oleh ISG ditahun ini, adalah pada bidang ekonomi dengan mendorong tumbuhnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bagi warganya.

Selain itu, ada juga kegiatan seni budaya, seperti seni Gandrung dan Jaranan yang sudah ada di daerah-daerah wilayah Riau, akan segera di payungi oleh ISG, pungkas Kang H Ali Surahman pada sambutannya tadi siang.

Dengan tag line, “Riko dulur Isun, Isun dulur riko, riko lan isun seduluran selawase” Akan benar-benar terpatri dihati warganya. Sehingga ISG akan terus tumbuh dan berkembang dari wilayah Lampung hingga Nangroe Aceh, untuk menjaga dan turut melestarikan adat istiadat Banyuwangi hingga di generasi mendatang.

(Penulis: Hery Susanto, Sekjen ISG Pusat di Pekanbaru Riau, Asal Lemahbang- Rogojampi)