oleh

Kedapatan Berada di Dalam Dapur, Pemuda Mengaku Warga Kalibaru Ditangkap

KabarBanyuwangi.co.id – Seorang pemuda mengaku warga Kecamatan Kalibaru yang diduga akan melakukan aksi pencurian digelandang petugas Polsek Srono. Pasalnya pemuda berinisial DIP ini kedapatan berada di dalam rumah milik Agung Sutomo (47) warga RT/RW 01 Dusun Krajan Dadapan, Desa Parijatah Kulon, Kecamatan Srono, Senin (27/7/2020) pagi.

Menurut keterangan pemilik rumah yang juga ketua RT setempat, sekitar pukul 04.30 Wib, pagi tadi istrinya, Istiqomah (42) baru bangun tidur hendak buang air kecil ke kamar mandi yang ada di bagian dapur. Lantaran kondisi dapur masih gelap, sang istri menghidupkan lampu.

Setelah lampu dapur hidup, sang istri kaget melihat ada sesorang berada di dapur tampak kebingungan berusaha lari keluar rumah. Lantaran melihat tamu tak diundang berada di dapur, Istiqomah ketakutan langsung memanggil sang suami yang saat itu masih tidur.

“Tadi itu istri saya kan baru bangun tidur mau ke dapur. Karena masih gelap, istri saya menyalakan lampu, koq ada orang di dapur? Terus istri mamanggil saya, setelah saya liat memang ada orang dan saya tanya ketanya dari Kalibaru,“ kata Agung Sutomo.

Baca Juga: Operasi Sikat Semeru 2020, Sebanyak 78 Orang Diduga Pelaku Kejahatan Diringkus  

Baca Juga: Modus Kenalan di Facebook, Pelaku Curas Rampas HP dan Cincin Seorang Wanita

Pria yang keseharianya dipanggil Wali ini menambahkan, melihat ada yang tidak wajar terhadap pemuda ini, dirinya langsung memanggil warga sekitar untuk dilakukan penangkapan. Tidak ingin menjadi bulan-bulan warga setelah berhasil ditangkap, kajadian ini langsung dilaporkan ke Polsek Srono.

Sambil menunggu kedatangan petugas, pemuda ini dibiarkan duduk santai dengan penjagaan ketat warga setempat. Selang 30 menit kemudian, petugas Polsek Srono datang langsung menggelandang pemuda ini ke dalam mobil patroli dibawa menuju polsek untuk menjalni pemeriksaan.

“Setelah saya tanya itu, langsung saya panggil tetangga untuk dilakukan penangkapan. Terus setelah ditangkap kita lapor ke polsek Srono. Setengah jam polisi datang, langsung dibawa menggunakan mobil patroli. Untungnya tidak sampai dihakimi warga,” tambah Wali.

Baca Juga: Polisi Ciduk 36 Orang Diduga Pengedar dan Pemakai Narkoba

Dari dari keterangan pemilik rumah, pemuda yang diduga handak melakukan aksi pencurian ini masuk rumah dengan cara merusak pintu dapur bagian belakang. Karena di dalam dapur tidak ada barang berharga yang tersiimpan, pemuda ini sempat mengobrak abrik barang di dampur, seperti panci, wajan dan tempat makanan.

“Anak itu masuknya lewat pintu dapur sebelah barat, pintunya dicongkel. Karena di dapur nggak ada barang berharga, panci, wajan dan barang yang di dapur semua smerawut. Mungkin anak ini kelaparan atau gimana ya?  Atau ketiduran di dapur? Soalnya begitu lampu hidup, kata istri saya anak itu sepertinya baru bangun tidur di dapur,” pungkas Wali.

Dengan santainya DIP duduk menunggu kedatangan petugas dengan penjagaan ketat warga Dusun Dadapan, Desa Parijatah Kulon. (Foto: istimewa)
Dengan santainya DIP duduk menunggu kedatangan petugas dengan penjagaan ketat warga Dusun Dadapan, Desa Parijatah Kulon. (Foto: istimewa)

Sementara itu, Kapolsek Srono AKP Mulyono saat dihubungi kabarbanyuwangi.co.id pada pukul 11.45 siang melalui ponselnya membenarkan adanya kejadian tersebut. Namun demikian dirinya menyarankan media ini untuk mengkonfirmasi langsung ke Kasat Reskrim Polresta Banyuwangi.

“Ya mas tolong langsung konfirmasi ke Kasat Reskrim aja, saya ini masih di kota. Nanti kalau saya jawab A ternyata pak kasat jawab B?,” ucap AKP Mulyono, Kapolsek Srono.

Kasat Reskrim Polresta Banyuwangi, AKP M. Solikin Fery, SIK saat dihubungi memberikan keterangan yang berbeda. Dirinya mengaku belum mendapatkan laporan dari Polsek Srono terkait adanya kejadian tersebut.

“Saya belum dapat laporan mas, coba sampeyan tanya ke Polsek saja, kan ditangani Polsek Srono? Mungkin masih dalam pengembangan mas,” pinta Kasat Reskrim yang ramah kepada sejumlah wartawan ini (red)

_blank

Kabar Terkait