Iklan Banner Atas Kokoon Hotel Banyuwangi

Kelompok Tunawisma di Banyuwangi Mulai Divaksin Dosis PertamaPolresta Banyuwangi


Kelompok Tunawisma di Banyuwangi Mulai Divaksin Dosis Pertama

Keterangan Gambar : Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, didampingi Kapolresta, AKBP Nasrun Pasaribu, Dandim 0825, Letkol (Inf) Yuli Eko Purwanto, dan Danlanal Letkol Laut (P) Eros Wasis meninjau giat vaksinasi. (Foto: Fattahur)

KabarBanyuwangi.co.id - Kelompok tunawisma di Kabupaten Banyuwangi menjadi sasaran baru penerima vaksin. Hal ini sebagai upaya Satgas Covid-19 melakukan percepatan vaksinasi.

Sebanyak 29 tunawisma menjalani vaksinasi di Aula Rupatama Wira Pratama Polresta Banyuwangi, Kamis (23/9/2021). Vaksinasi tersebut merupakan serangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Lalu Lintas Bhayangkara ke -66.

"Selamat ulang tahun Lalu Lintas Bhayangkara ke-66," ucap Kapolresta Banyuwangi, AKBP Nasrun Pasaribu.

Baca Juga :

Vaksinasi, jelas Nasrun, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuwangi. Dirinya berharap, seluruh lapisan masyarakat Banyuwangi tercover.

"Semoga seluruh masyarakat tercover, mulai dari usia rendah, dewasa, hingga lansia. Bahkan, tunawisma juga merupakan penerima vaksin," jelasnya.

Pihaknya bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Banyuwangi terus bergerak bersama melakukan percepatan vaksinasi. Salah satu upaya percepatan yakni dengan mendatangi warga langsung secara door to door.

"Bagi tuna wisma yang tidak bisa datang ke Klinik, maka akan kita datangi langsung atau door to door ke rumah mereka yang telah difasilitasi secara bergantian, mulai dari kelompok kecil hingga besar," pungkasnya.


Jajaran Forkopimda Kabupaten Banyuwangi bersama kelompok tunawisma. (Foto: Fattahur)

Vaksinasi ini digelar secara serentak seluruh jajaran Polres dan Polresta di Polda Jatim. Kegiatan vaksinasi ditinjau langsung oleh Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani didampingi Dandim 0825 Banyuwangi Letkol (Inf) Yuli Eko Purwanto, dan Danlanal Letkol Laut (P) Eros Wasis.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani menyampaikan, tak hanya kelompok tunawisma, secara bertahap vaksinasi akan menyasar seluruh masyarakat Banyuwangi.

"Karena masyarakat Banyuwangi banyak yang belum divaksin. Vaksinasi dosis pertama saja masih sekitar 49,38 persen dari target sasaran vaksinasi sebanyak 1.340.222 orang," ungkapnya.

Pihaknya akan melakukan upaya percepatan program vaksinasi agar seluruh masyarakat bisa mempunyai kekebalan tubuh yang maksimal. "Kemarin kita mendapat tambahan vaksin, dan rencananya akan kita kebut dalam seminggu kedepan," imbuhnya.

Sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 42 tahun 2021, status Level PPKM, untuk bisa turun dari PPKM Level 2 ke PPKM Level 1, cakupan vaksinasi dosis pertama harus mencapai 70 persen dan cakupan vaksinasi lansia harus mencapai 60 persen.

Daerah yang level PPKM level 2, cakupan vaksinasi dosis pertama harus mencapai 50 persen dan cakupan vaksinasi lansia mencapai 40 persen. (fat)