oleh

Khawatir Membahayakan Keselamatan, Warga Tukangkayu Demo Tolak Pembangunan Tower

KabarBanyuwangi.co.id – Sejumlah warga Kelurahan Tukangkayu, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi melakukan aksi demo tolak pembangunan tower salah satu operator seluler yang terletak di sebidang tanah Lingkungan Krajan Selatan, Kelurahan Tukangkayu, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi.

Aksi warga dilakukan di halaman depan Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Rabu (30/9/2020) siang.

Menurut Ketua RT 1 RW 1, Kusmi Elfa (60) mengungkapkan, sejak awal warga tidak setuju dengan adanya pembangunan tower/menara tersebut. Dia dan sebagian warga Lingkungan Krajan menilai, keberadaan tower yang dibangun di daerah padat penduduk itu sangat mengganggu aktifitas warga dan keselamatan warga sekitar.

“Kami khawatir jika tower itu beroperasi, akan menimbulkan radiasi. Selain itu, kami juga khawatir tower itu roboh menimpa tempat tinggal warga. Makanya kami menolak,” ungkap Elfa.

Baca Juga: Warga Desa Barurejo Aksi Tolak Tambang Pasir Bawa Keranda Mayat ke Lokasi

Baca Juga: Ratusan Pengusaha Sound System, Terop dan Pelaku Seni Demo Gugus Tugas Covid-19 Banyuwangi

Baca Juga: Puluhan Mahasiswa Turun Jalan Tolak Perluasan TWA Kawah Ijen

Selain itu, menurut Elfa, pihak perusahaan yang bersangkutan tidak menunjukkan itikat baik dalam melakukan pembangunan tower tersebut. Karena rencana pembangunan tidak disosialisasikan secara terbuka kepada warga.

Diakuinya, sebagian warga memang sempat tanda tangan persetujuan rencana pembangunan tower itu. Namun warga merasa tertekan saat memberikan tanda tangan, karena permintaan tanda tangan itu dilakukan oleh seseorang yang mengaku utusan dari perusahaan yang bersangkutan kepada warga secara door to door.

Warga juga menyesalkan pembangunan tower itu tidak  sesuai gambar seperti yang ditunjukkan kepada warga. Hingga ada dugaan pemalsuan data.

“Oleh karena itu kami datang kesini ini untuk mengklarifikasi kembali, karena data-data dan tandatangan warga itu dipalsu. Bahkan kami juga tidak mengetahui kenapa sudah muncul IMB. Kami ingin IMB itu di cabut dan pembangunan tower itu kami tolak,” jelasnya. (fat)

_blank

Kabar Terkait