Libur Panjang Lebaran 2025, Pengunjung Taman Nasional Alas Purwo Naik Lima Kali LipatBalai TNAP

Libur Panjang Lebaran 2025, Pengunjung Taman Nasional Alas Purwo Naik Lima Kali Lipat

Wisatawan mengunjungi destinasi wisata alam Taman Nasional Alas Purwo (TNAP). (Foto: Istimewa)

KabarBanyuwangi.co.id – Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) adalah destinasi wisata alam di ujung timur Pulau Jawa yang menjadi salah satu jujugan favorit saat libur Lebaran 2025.

Kawasan destinasi wisata alam ini berada di wilayah Banyuwangi selatan. Letaknya membentang luas dari Kecamatan Tegaldlimo hingga Purwoharjo. Dari pusat kota, jarak yang ditempuh sekitar 61,5 kilometer.

Data dari Balai TNAP mencatat sebanyak 8.833 wisatawan yang mengunjungi kawasan ini selama periode 28 Maret hingga 7 April 2025, meningkat hampir lima kali lipat dibanding hari biasa.

Baca Juga :

"Kami mencatat lonjakan signifikan kunjungan selama libur panjang ini. Jumlahnya tembus 8.833 pengunjung. Mayoritas adalah wisatawan nusantara yang datang dari berbagai daerah," kata Kepala Balai Taman Nasional Alas Purwo, Agus Setyabudi, Rabu (9/4/2025).

Di kawasan tersebut TNAP menawarkan pengalaman wisata alam yang lengkap, mulai dari suara dan udara khas hutan, atraksi satwa liar nan eksotis di Sadengan, hingga panorama pantai dengan sunset mempesona di Pantai Pancur dan Triangulasi.

“Selain menikmati keindahan pantai dan hutan hujan tropis yang masih perawan, pengunjung juga bisa melakukan pengamatan satwa, jelajah hutan, hingga wisata religi di pura dan situs kawitan,” ujar Agus.

Meski jumlah kunjungan meningkat drastis, pelayanan di Taman Nasional Alas Purwo tetap berjalan tertib dan lancar. Petugas yang berjaga 24 jam memastikan keamanan serta kenyamanan wisatawan.

Jamin keamanan pengunjung, petugas TNI/Polri disiagakan di pintu masuk TNAP. (Foto: Istimewa)

"Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pengunjung, kami bekerja sama dengan TNI, Polri, pemerintah daerah dan desa, serta penyedia jasa wisata, termasuk dengan pihak medis," tambahnya.

Agus menyadari masih ada kekurangan dalam penyediaan fasilitas dan layanan. Namun Balai TNAP sebagai pengelola terus berusaha untuk berbenah serta melakukan peningkatan pada berbagai aspek.

"Tentu kami juga terbuka dengan kritik dan masukan untuk perbaikan pelayanan ke depan agar menjadi lebih baik," pungkasnya. (fat)