oleh

Lomba Dongeng Bahasa Using Ditayangkan Lewat Youtube

KabarBanyuwangi.co.id – Sengker Kuwung Belambangan (SKB) sebagai lembaga nirlaba pemerhati Bahasa dan Kebudayaan Using, terus mendorong lestarinya Bahasa dan Kebudayaan Using. Tahun 2020 ini, akan digelar Lomba Mendongeng Bahasa Using yang melibatkan pelajar SD, SMP, dan SMA.

“Ini sebagai kelanjutan dari kegiatan-kegiatan SKB sebelumnya, yaitu Lomba menulis Cerpen Bahasa Using, pelatihan kepada anak-anak milenial dan Guru Bahasa Using, serta kegiatan-kegiatan lainnya yang sudah dilakukan rutin setiap tahun sejak 7 tahun lalu,” ujar Ketua SKB, Antariksawan Jusuf kepada KabarBanyuwangi.co.id

Iwan menambahkan, Lomba Mendongeng Bahasa Using ini, masing-masing karya peserta akan diunggah di Youtube. Peserta bisa mendongeng cerita yang sudah ada di masyarakat, bisa juga mengarang karya dongeng sendiri.

“Penilainya meliputi ekspresi, artikulasi dan penggunakan kosa kata Bahasa Using yang benar. Juri selain dari SKB sendiri, juga ada juri dari praktisi teater dari luar,” jelas Kang Iwan, panggilan Antariksawan.

Poster Lomba Dongeng Basa Using
Poster Lomba Dongeng Basa Using

Pria asli Lateng Banyuwangi yang juga bekerja di TV-One Jakarta ini menjelaskan, selain mendapatkan hadiah berdasarkan kreteria, juga tayangan Dongeng yang ditayangkan melalui akun TV SKB di Youtube, akan dinilai banyaknya like dan subscribe-nya.

“Hadiah tambahan ini, kami beri nama hadiah Hasnan Singodimayan. Ini sebagai penghargaan SKB terhadap sastrawan senior Banyuwangi yang hinggi kini masih terus berkarya,” kata Iwan.

Video hasil rekaman mendongeng, harus dikirim mulai 20 Juli hingga 31 Agustus 2020. Selama tanggal 1 Sepetember sampai dengan 25 Desember 2020, semua karya dongeng akan ditayangkan di Chanel TV SKB. Pengumuman akan dilakukan pada tanggal 13 Desember 2020.

Lomba ini tidak dipungut biaya pendaftaran, alias gratis. Total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp. 5 juta. Keterangan lebih lanjut bisa dilihat di akun Facebook “Sengker Kuwung Belambangan”, Group Pelajaran Bahasa Using, Group Cerpen Using, akun Instagram: eskabe_skb. (sen)

_blank