oleh

Pedagang Sembako Beli Motor N-Max Pakai Uang Koin

KabarBanyuwangi.co.id – Rasa bahagia terpancar di wajah, Ferry Dwi Irawan warga Desa Rojosari Kecamatan Glagah, Banyuwangi. Keinginan yang sudah lama terpendam untuk memiliki sepeda motor impiannya sejak dua tahun lalu, akhirnya bisa kesampaian.

Pedagang sembako ini sengaja melakukan pembelian satu unit sepeda motor impianya seharga Rp 31 juta, meski sebagaian pembayaran menggunakan uang koin sebanyak Rp 9 juta.

Awalnya, Ferry datang ke dealer hanya membawa uang tunai kertas sebanyak Rp 22 juta rupiah. Karena masih kurang, Ferry melakukan negoisasi dengan pihak dealer jika kekuranganya akan dibayar meggunakan uang koin.

Meski sempat ragu, namun akhirya pihak dealer memberi izin kalau kekurangan pembayaran bisa dilunasi dengan uang koin. Tanpa pikir panjang, Ferry langsung bergegas pulang ke rumahnya untuk membawa setumpuk uang koin yang di simpan di dalam kardus, hasil menabung selama dua tahun.

Pegawai dealer menghitung uang koin. (Foto: man)
Pegawai dealer menghitung uang koin. (Foto: man)

Kedatangan Ferry kembali ke dealer dengan membawa setumpuk uang koin di dalam kardus membuat kaget pegawai dealer. Enam orang karyawan dealer langsung dikerahkan untuk menghitung uang koin milik Ferry hampir seharian.

“Uang ini hasil tabungan saya selama dua tahun lebih untuk beli sepeda motor Yamaha N-Max. Alhamdulillah diperbolehkan oleh pihak dealer. Awal saya kira tadi hanya Rp 7 juta, tapi setelah dihitung oleh pegawai dealer totalnya Rp 9 juta,” ungkap Ferry saat berada di salah satu dealer di Kelurahan Sobo, Banyuwangi, Jumat (17/7/2020).

Ferry menambahkan, Ide gemar menabung berawal saat melihat banyaknya uang koin dari sisa kembalian di toko sembako miliknya. Agar uang koin dapat bernilai tinggi, kemudian uang koin mulai Rp 1.000, Rp 500 dan Rp 200 rupiah yang kadang kala tidak diperhitungkan ini ditabung ke dalam celengan.

”Uang koin kan biasanya enggak terlalu diperhitungkan, tapi ternyata kalau kita rajin menabung akhirnya juga memiliki nilai yang sangat tinggi. Alhamdulillah bisa untuk tambahan beli sepeda motor,” tambahnya.

Pegawai dealer sibuk menghitung uang koin
Pegawai dealer sibuk menghitung uang koin. (Foto: man)

Pembelian sepeda motor menggunakan uang koin baru pertama kali terjadi di dealer yang terletak di Keluruhan Sobo, kota Banyuwagi. Meski baru pertama, pihak dealer tetap menerima konsumen dengan baik dan menjadi kejutan tersendiri bagi seluruh karyawan dealer. Karena bagi dealer konsumen adalah segala-galanya.

“Ini baru pertama kali terjadi di dealer kami, dan menjadi surprise. Tetap kami terima, meskipun uang koin ya tetap saja itu bernilai. Konsumen harus kita layani dengan baik meski kita harus bersusah payah menghitungnya. Uang koinnya bermacam-macam, ada  yang pecahan dua ratus, lima ratus ada yang seribu rupiah. Totalnya sekitar Rp 9 juta lebih, sementara harga sepeda motornya Rp 31.132.000,” ujar Ratna, marketing dealer motor. (man)

_blank