Penyebab Terbakarnya Gudang Sabut Kelapa di Kalipuro TerungkapPolsek Kalipuro


Penyebab Terbakarnya Gudang Sabut Kelapa di Kalipuro Terungkap

Keterangan Gambar : Petugas berjibaku memadamkan api yang membakar gudang sabut kelapa di Jalan Argopuro, Selasa (17/5/2022) malam. (Foto: Istimewa)

KabarBanyuwangi.co.id - Gudang sabut kelapa di Jalan Argopuro, Lingkungan Sukowidi, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, telah hangus terbakar, Selasa (17/5/2022) malam.

Api berhasil dipadamkan oleh petugas gabungan, Damkar, BPBD, Satpol PP dan polisi menggunakan lima armada pemadam kebakaran.

Dugaan sementara, penyebab terbakarnya gudang penyimpanan sabut kelapa yang terletak di barat perlintasan Kereta Api (KA) Argopuro itu, akibat cuaca panas.

Baca Juga :

Kapolresta Banyuwangi, AKBP Deddy Foury Millewa melalui Kapolsek Kalipuro, AKP Hadi Waluyo mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 18:00 WIB. Awalnya beberapa pegawai yang sedang istirahat kerja tak sengaja melihat api muncul keluar dari atap gudang berbahan galvalum yang berdekatan dengan rangkaian instalasi listrik.

Saat sejumlah pegawai mendekat, api sudah membesar membakar coco fiber sabut kelapa yang tersimpan di dalam gudang. Karena di dalam gudang banyak bahan yang mudah terbakar membuat api cepat membesar.

Setelah itu, pegawai menghubungi pemilik dan melapor ke Polsek Kalipuro dan petugas Pemadam Kebakaran.

"Sekitar 15 menit kemudian tiga mobil damkar disusul dua mobil damkar lainnya tiba di lokasi untuk memadamkan api," kata AKP Hadi Waluyo.

Beruntung api tidak sampai menjalar ke tempat lainnya, karena letaknya jauh dari permukiman warga. Namun dalam insiden tersebut, salah seorang personel Damkar bernama, Ribut Hendri tertimpa tumpukan Koko Fiber saat tengah memadamkan api.

"Namun korban dapat diselamatkan dan dibawa ke RSUD Banyuwangi dengan luka ringan," ungkapnya.

Polisi menyebut, gudang sabut kelapa yang terbakar itu milik Winarto (69), warga Lingkungan Sukowidi, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro.

"Gudang tersebut sudah empat kali mengalami kebakaran, penyebabnya cuaca yang panas," imbuhnya.

Hadi Waluyo menambahkan, pihaknya bersama tim Inafis Polresta Banyuwangi masih berada di lokasi kejadian guna mengetahui penyebab pasti kebakaran. "Untuk kerugian materil masih belum bisa dipastikan," pungkasnya. (fat)