oleh

Perketat Protokol Kesehatan Covid-19 Bagi Pengunjung, Destinasi Wisata Pantai Siap Dibuka

KabarBanyuwangi.co.id – Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi membuka destinasi wisata, sejumlah tempat wisata mulai melakukan berbagai macam persiapan. Salah satunya destinasi wisata pantai yang ada di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, atau yang lebih dikenal “Bangsring Underwater”.

Setelah sempat ditutup 3 bulan akibat pandemi Covid-19, destinasi wisata yang mengandalkan terumbu karang bawah laut, dan rumah apung di perairan selat Bali ini sudah siap menerima kedatangan pengunjung, dengan protokol kesehatan Covid-19 yang sangat ketat. Namun demikian, untuk tahap awal, pegunjung dibatasi hanya 50 persen.

“Karena kita dengar kabar Pemkab Banyuwangi memperbolehkan destinasi wisata dibuka. Mangkanya kita mulai bersiap membuka dengan pembatasan pengunjung, dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” kata pengelola Bangsring Underwater, Ikhwan Arif. Minggu (14/6/2020).

Baca Juga: Pasca Pandemi, Banyuwangi Merupakan Distinasi Yang Paling Favorit Dikunjungi

Ikwan menambahkan, kegiatan protap kesehatn Covid-19 di Bangsring Underwater dibentuk oleh Kelompok Nelayan Samudera Bakti dengan dibantu TNI/Polri. Mereka sudah mulai menyiapkan tempat cuci tangan, menyiapkan face shield, dan masker. Selain itu,peralatan selam juga sudah dibersihkan dan siap digunakan.

“Petugas dibantu TNI dan kepolisian nantinya bakal mengecek suhu tubuh pengunjung di pintu masuk, dan mengecek KTP. Alat selam juga sudah kami bersihkan dengan disinfektan. Alat yang dimasukan ke mulut juga sudah kami rendam air panas,” tabahnya.

Semetara itu, sesuai protokol kesehatan Covid-19, pengunjung yang berusia diatas 50 tahun di imbau untuk tidak berkumpul. Selain itu, jika ada pengunjung yang suhu tubuhnya diatas 37 derajat, Bangsring Underwater juga menyaipkan tempat isolasi, yaitu beberapa home stay di sekitar wisata, dan menyediakan ruang sterilisasi.

“Pengamanan dan pemantauan yang dilakukan petugas TNI/Polri, dan keompok nelayan ini merupakan bentuk Wisata Tangguh yang diterapkan di beberapa destinasi wisata,” pungkas Ikhwan. (man)

_blank

Kabar Terkait