Warung Gratis Sayur-Mayur Sangat Diminati Warga Kurang MampuJumat Berkah


Warung Gratis Sayur-Mayur Sangat Diminati Warga Kurang Mampu

Keterangan Gambar : Tertib antri untuk mendpatkan sayur gratis. (Foto: M Alfan Hidayat)

KabarBanyuwangi.co.id - Sejak wabah pandemi Covid-19 melanda setahun lalu, warga RW-002 Lingkungan Singowignyo, Kelurahan Singotrunan, Banyuwangi, menggelar Warung Gratis Sayur Mayur untuk warga yang kurang mampu.

Menurut Muhammad Alfan Hidayat, Ketua Warung Gratis Jumat Berkah, kegiatan yang digelar setiap Jumat pagi tersebut adalah hasil kerja sama Muhammadiyah, Aisyiyah, Lazismu, Masjid Al-Ikhlas, PKK  dan Warga RW.002, Lingkungan Singowignyo, Kelurahan Singotrunan, Banyuwangi. 

“Awalnya tanggal 10 Juli 2020 lalu, hanya terkumpul 40 paket. Dalam waktu kurang satu jam sudah habis, bahkan ada yang kurang,” kata Alfan Hidayat, kepada KabarBanyuwangi.co.id.






Baca Juga :

“Alhamdulillah sekarang direspon baik oleh warga, juga para donatur. Bahkan Jumat hari ini (16/4/2021), sudah terkumpul 130 paket dari 40 paket awalnya,” imbuhnya.

Alfan Hidayat menambahkan, usai pelaksanaan Warung Gratis Sayur Mayur selalu diadakan evaluasi. Rencana dibuka sejak pukul 6 – 8 pagi, tetapi dalam waktu satu jam ternyata sayur mayur dan lauk hasil donasi warga sekitar yang disiapkan panitia sudah ludes.

“Dulu awalnya warga langsung ambil sendiri, sekarang mereka diminta antri secara tertib sebelum ambil sesuai kebutuhan,” tambah Alfan Hidayat.

Bahan-bahan sayuran dan lauk tersebut merupakan donasi dari warga yang sudah berkecukupan secara ekonomi, dengan cara menaruh di tempat yang sudah disediakan panitia. Kemudian, warga kurang mampu yang membutuhkan di sekitar lokasi bisa langsung mengambil.

Tentu sesuai ketentuan panitia, yaitu harus antri dengan tertib, menjaga jarak dan harus mengenakan masker guna menghindari penyebaran virus corona yang hingga saat ini belum sepenuhnya bisa diatasi.

“Warga yang ambil sayuran dan lauk tersebut berasal dari Singotrunan sendiri dan Lingkungan terdekat seperti Pengantigan, Jl. Kalilo, Singonegaran, Temenggungan, Kampung Melayu, Mandar dan Lateng. Mereka sudah tau njadwalnya, pukul 6 pagi sudah antri secara tertib, harus pakai masker,” jelas Alfan Hidayat.

Kegiatan yang terinspirasi dari wabah pandemi Covid-19 ini, bertujuan untuk membantu masyarakat yang terdampak, hingga sekarang masih berjalan dan terus berkembang. Donasi uang mulai diterapkan sejak September 2020 dari Jama'ah masjid Al-Ikhlas, tiap bulan Rp. 500.000 sampai sekarang.

“Donasi uang ini sifatnya jaga-jaga, kalau donasi bahan sedikit, maka uang diambil untuk dibelanjakan bahan sayuran dan tahu tempe sebagai lauknya,” ujar Alfan Hidayat.   

“Bagi warga yang ingin berdinasi uang, bisa langsung transfer ke Bank BRI Nomor Rekening 3299-01-027875-53-9 Atas Nama Warung Gratis Jumat Barokah. Insya`alloh aman para donatur bisa membantu saudara-saudara yang membutuhkan,” pungkas Alfan Hidayat. (sen)