oleh

Ditawari Hibah Dana Kembangkan UMKM, Warga Gumirih Tetap Minta Pembangunan Pisik di Desanya

KabarBanyuwangi.co.id – Anggota DPP Jawa Timur, dari Partai Demokrat, dr. Agung Mulyono, menggelar reses ke-2 bersama warga dan Tokoh Masyarakat Desa Gumirih, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi. Acara dipandu oleh Sekretaris DPC Partai Demokrat Banyuwangi, Julisetio Puji Rahayu, dihadiri banyak orang.

Acara juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto, SH.

Untuk menjalankan protokol kesehatan, setiap undangan yang hadir wajib mengenakan masker, chek suhu badan, cuci tangan dan jaga jarak saat berada di tempat acara.

Sekretaris Desa Gumirih, mengaku senang Desanya dipilih menjadi tempat kegiatan reses Anggota DPRD Jawa Timur dari  Partai Demokrat, dr Agung Mulyono.

Sebelum menyampaikan meteri reses, dr. Agung menyampaikan kepada masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan, sebagai upaya mewaspdai perkembangan Covid-19. Menurut dr. Agung, klaster baru tidak hanya terjadi di tempat umum dan perkantoran, tetapi sudah terjadi di lingkungan keluarga.

Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto di hadapan Warga Gumirih, Singojuruh. (Foto: Moch. Khotib)
Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto di hadapan Warga Gumirih, Singojuruh. (Foto: Moch. Khotib)

Dalam paparan selanjutnya, dr. Agung menyatakan, pada Reses kali ini fokus mendorong bagaimana UMKM menggeliat dan bergairah kembali di Jawa Timur. Mengingat saat pandemi Covid 19, sangat memukul UMKM hingga nyaris tidak bergerak sama sekali.

Kepada hadirin dr. Agung meminta saat menyampaikan keinginan atau aspirasi, tidak hanya pada persoalan bangunan fisik, tetapi prioritskan juga pada soal bagaimana menggerakkan UMKM yang sudah ada. Setidaknya, bila ada Bumdes yang ada unit kegiatan simpan pinjamnya, akan diberi hibah modal.

Saat sesi tanya jawab dibuka, Ketua BPD Gumirih, Sapto Mudito mengusulkan adanya pembangunan sarana saluran pengairan area pertanian, modal budi daya ternak pembesaran Itik dan bantuan stimulan kepada warga terdampak Cobid-19.

Sedangkan H. Husaini dari unsur HIPPA, mengeluhkan kelangkaan pupuk. Warga yang lain, Moh. Akbar, tetap  ngotot pembangunan pisik, burapa akses jalan di Dusun Gadog. Pembangunan yang diharapakan beruapa pavingisasi atau dilakukan pengerasan. Mengingat bila musim pengujan, jalan becek aktivitas masyarakat mati suri menunggu keringnya jalan.

Dari beberapa usulan warga bisa dikabulkan kecuali keluhan kelangkaan pupuk, karena kejadianya hampir merata di semua Kabupaten. Namun menurut dr. Agung, soal keluhan sulitnya pupuk bersubsidi di berbagai daerah, sudah diteruskan kepada pihak terkait bahkan ke Kementerian Pertanian.

Warga Gumirih, Singgojuruh yang mengikuti Reses Anggota DPRD Jatim, dr. Agung Mulyono. (Foto: Moch. Khotib)
Warga Gumirih, Singgojuruh yang mengikuti Reses Anggota DPRD Jatim, dr. Agung Mulyono. (Foto: Moch. Khotib)

Khusus kelangkaan pupuk, dr. Agung minta bantuan Michael Edy Hariyanto, SH untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada warga. Michael yang Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banyuwangi menjelaskan, bahwa kelangkaan pupuk subsidi terjadi, akibat pengurangan jatah.

“Seharusnya Banyuwangi mendapat jatah 66 ribu ton, tetapi dipotong hingga 50% atau hanya diberi 31 ribu ton. Saya pernah membahas dengan Ketua DPRD Banyuwangi dan berkirim surat ke Gubernur Jawa Timur, untuk meminta tambahan. Sudah berhasil, tetapi hanya 8 ribu ton dan itu masih tidak cukup,” papar Michael yang mengatku terus akan mencari solusi mengatasi kelangkaan pupuk subsidi.

Pada kesempatan tersebut, Tokoh Dusun Gadog tetap ngotot pembangunan akses jalan ke dusunya.

Michael selaku Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, akhirnya mengabulkan permintaan tersebut dengan mengalokasikan dana sebesar Rp. 200 juta untuk pavingisasi. Sontak tepuk tangan dan sorak sorai warga yanng hadir membahana, pertanda suka cita atas diterima usulannya. Mereka spontan menguncapkan terima kasih kepada Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto.

(Penulis: Moch. Khotib (Media konten & Desain) DPC Partai Demokrat Banyuwangi)

_blank

Kabar Terkait