oleh

Dukung Dunia Usaha Mikro, DPRD Banyuwangi Sosialisasi Perda Nomor 1 Tahun 2009

KabarBanyuwangi.co.id – DPRD Kabupaten Banyuwangi menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2009 tentang Pemberdayaan dan Perlindungan Usaha Mikro di Banyuwangi.

Sosialisasi dilakukan sebagai upaya mewujudkan iklim usaha yang adil, kondusif dan berdaya saing. Kegiatan sosialisasi digelar di Balai Desa Karangbendo, kecamatan Rogojampi, Rabu (14/10/2020) kemarin.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Wakil Ketua DPRD, M. Ali Mahrus didampingi Michael Edy Hariyanto dan dua anggota Bapemperda, Umi Kulsum serta Neni Viantin Dyah Martiva. Hadir pula Camat Rogojampi, Nanik Machrufi dan perwakilan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan, serta kepala desa juga tokoh masyarakat setempat.

Wakil Ketua DPRD, Ali Mahrus mengatakan, sosialisasi ini bertujuan agar masyarakat paham dan mengerti terhadap regulasi hukum daerah yang mengatur tentang pemberdayaan, serta perlindungan usaha mikro di Banyuwangi.

“Sosialisasi ini bertujuan, bagaimana usaha mikro menengah kebawah mengerti tujuan Perda ini yang semangatnya memberikan perlindungan serta mensejahterakan, kalau dua esensi ini tidak ada maka tidak ada artinya perda ini,” ujar Mahrus.

Baca Juga: Ketua dan Anggota DPRD Banyuwangi Temui Massa Tolak Omnibus Law

Baca Juga: Komisi I DPRD Banyuwangi Rakor Kesiapan Lanjutan Tahapan Pilkada Tahun 2020 Bersama KPU

Menurutnya, pengembangan usaha mikro perlu mendapatkan perhatian yang besar dari pemerintah daerah ataupun DPRD, melalui produk hukum daerah agar dapat berkembang lebih kompetitif bersama pelaku ekonomi lainnya.

“Kita mensuport berkembangnya pelaku usaha mikro melalui peraturan daerah nomor 1 tahun 2019, yang didalamnya telah mengatur tentang jaminan-jaminan perlindungan, pelayanan perijinan yang mudah dan sebagainya,” ungkapnya.

Kedepan, Mahrus berharap, masyarakat khususnya pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang mengikuti kegiatan sosialisasi dapat memahami esensi Perda tersebut dan dapat di iplementasikan dengan baik.

“Kepala desa maupun tokoh masyarakat yang mengikuti kegiatan sosialisasi ini juga menyebarluaskan regulasi daerah ini yang tujuannya untuk membangun dan menumbuhkembangkan dunia usaha,” harapnya.

Baca Juga: Jelang New Normal,  DPRD Usulkan Rapid Test Gratis

Terpisah, Camat Rogojampi, Nanik Machrufi mengungkapkan terima kasih kepada DPRD Kabupaten Banyuwangi yang telah memilih wilayahnya untuk sosialisasi Peraturan Daerah tentang pemberdayaan dan perlindungan usaha mikro.

“Dengan adanya sosialisasi Perda ini harapannya masyarakat bisa mengetahui dan mengerti regulasi  daerah yang mengatur tentang pemberdayaan dan perlindungan usaha mikro di Banyuwangi. Disini mereka bisa menanyakan langsung klausul-klausul yang sudah diatur,” jelasnya. (fat)

_blank

Kabar Terkait