oleh

Exhale Apparel, Brand Lokal Banyuwangi yang Digandrungi Kaum Milenial

KabarBanyuwangi.co.id – Beberapa tahun terakhir penggunaan busana streetwear di Indonesia terus meningkat menjadi tren hingga disepanjang tahun 2020 ini. Begitu pula di Banyuwangi, banyak bermunculan brand lokal yang tak kalah saing dengan brand lokal berkonsep streetwear di kota besar.

Salah satunya Exhale Apparel, brand lokal kenamaan Banyuwangi ini sudah 8 tahun hadir memberikan kreatifitas dan inovasi dari berbagai produk di bidang fashion. Berdiri sejak 2012, brand lokal yang didirikan Bobby Lazuardy (26) pemuda asli Dusun Kaligoro, Kecamatan Srono, Banyuwangi ini masih tetap bisa menjaga eksistensinya hingga sekarang.

Berawal dari toko atau distro kecil yang penjualannya hanya laku tiga busana dalam satu minggu, kini Exhale Apparel memilki tiga toko yang ada diberbagai pusat daerah Banyuwangi, yakni di Kecamatan Banyuwangi, Genteng dan Jajag.

“Awalnya sih saya buat brand itu cuma buat keren-kerenan aja, kebetulan di tahun 2012 saya anak band dan punya distro kecil yang jual brand-brand lokal Indonesia, dulu namanya Crazdie Store. Melihat potensi brand lokal semakin tinggi, saya jadi pengen buat brand sendiri,” kisah Bobby kepada kabarbanyuwangi.co.id, Rabu (29/7/2020).

Exhale Apparel saat dikenakan artis ibu kota, Harly Falen (Foto: Instagram @exhaleapparel_)
Exhale Apparel saat dikenakan artis ibu kota, Harly Falen (Foto: Instagram @exhaleapparel_)

Dengan bermula mengusung konsep busana anak band, kini brand yang menamai para pelanggan dengan jargon “Loyal Club” ini mulai mengarah ke konsep busana streetwear yang saat ini sedang menjadi tren ditahun ini.

Sang founder Exhale Apparel, Bobby mengungkapkan bahwa berdiri sebagai brand lokal Banyuwangi memiliki tantangan tersendiri karena harus tampil diantara brand lokal luar kota yang lebih berkembang. “Dulu saya mau produksi susah, mau nyablon, menjahit hingga suplai bahan itu harus ke luar kota,” jelas Bobby.

Selain produksi, salah satu tantangannya adalah minat pasar itu sendiri. Dengan cara edukasi hingga endorse dan menggelar event musik dilakukan Exhale Apparel untuk membuat masyarakat bangga memakai produk lokal.

Lihat Juga di YouTube: Exhale Apparel, Brand Lokal Banyuwangi yang Digandrungi Kaum Milenial

Saat ini Exhale Apparel sudah memiliki kantor untuk rumah produksi yang berada di Jl. Sutri Garden Regency, Kecamatan Sobo, Banyuwangi. Mulai dari konveksi, jahit, sablon, desain produk hingga pengemasan produk dilakukan dan digarap oleh tim kreatif Exhale yang direkrut dari ahli bidang warga asli Banyuwangi.

“Sekarang mulai banyak orang Banyuwangi yang dulunya menjadi tukang sablon hingga penjahit brand besar di luar kota, seperti Ripcurl dan lain-lain itu pulang kampung. Jadi sebagian ada yang kami ambil untuk kita jadikan tim kreatif kami,” tambah Bobby.

Mengedepankan kreatifitas dan inovasi membuat brand yang selalu eksis dengan minat masa kini ini menjadi dikenal di Banyuwangi hingga masyarakat luas.

Exhale Apparel x Urbain Inc mengusung tema "BANYUWANGI VS EVERYBODY". (Foto: Instagram @exhaleapparel_)
Exhale Apparel x Urbain Inc mengusung tema “BANYUWANGI VS EVERYBODY”. (Foto: Instagram @exhaleapparel_)

Bahkan di tahun ini, Exhale Apparel berkolaborasi dengan brand besar asal Jakarta, yakni Urbain Inc yang dikenal dengan jargon tema “VS EVERYBODY”, hanya brand pilihan di berbagai kota lah yang bisa berkolaborasi dengan Urbain Inc.

Berhasil mengusung tema “BANYUWANGI VS EVERYBODY” membuat Exhale Apparel menjadi brand lokal kenamaan Banyuwangi yang saat ini digandrungi kaum milenial dan semakin membuat bangga masyarakat Banyuwangi. (man)

_blank