oleh

ISG Riau Lakukan Pengobatan Gratis Saat Pertemuan Rutin Bulanan

KabarBanyuwangi.co.id – Ikawangi Sumatera Group (ISG) Riau dalam pertemuan rutin bulanan pada minggu kedua, (13/9/2020) menggelar pertemuan di kediaman Kang Ali Surahman, Wilayah SP2 Trans Utama Karya, Kecamatan Kampar Kiri Tengah, Kabupaten Kampar Riau.

Silaturahim di rumah Wakil ketua ISG Riau ini, dihadiri perwakilan dari Kabupaten dan Kota di Provisi Riau. Mereka yang hadir antara lain dari perwakilan Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Siak, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Indragiri Hilir, Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar.

Acara dimulai pukul 11.00  WIB, langsung dibuka Kang Saiman, Ketua ISG Provinsi Riau. Acara diwarnai bakti sosial, berupa pegobatan gratis, untuk keluarga dan anggota ISG yang hadir. Pengobatan metode thermo dhermal yang berasal dari negara Turki, dilakukan oleh anggota ISG sendiri.

Usai pengobatan, dilanjukan santap siang bersama. Sebagai ciri khas pertemuan ISG, selalu mengahadirkan menu olahan khas Banyuwangi. Seperti pecelan, jangan kelor, pelasan dheleg, lele, dan menu Using lainnya yang menggugah selera serta membangkitkan nostalgian terhadap kampung halaman.

Baca Juga: Tanda Tangan Tinta Merah, Wujud Semangat ISG Pusat Besarkan Organisasi

Baca Juga: “Selamatan Sego Ethuk Brokoan”, Tandai Pembukaan Sekretariat Ikawangi Sumatara Group Pusat

Baca Juga: ISG Sumut, Merajut Silaturahmi Membangkitkan Kegiatan Roda Ekonomi

Shalat duhur berjamaah dilaksanakan di mushala milik kang Ali, setelah itu rehat dengan suguhan Musik Angklung Banyuwangi. Tabuhan rancak ini, dimainkan oleh Kang Suharsono dan Kang Sutris. Bahkan alunan musik rancak khas Banyuwangi, membuat yang hadir turut larut dan ikut menirukan gendhing-genhing yang dibawakan.

“Iki Banyuwangi wis pindah separuh ring Kampar” celetuk salah seorang hadirin. Sontak ucapan itu membuat hadirin yang lain tertegun. Selain pakaian khas Banyuwangi, musik yang mebahana juga berasal dari Banyuwangi, termasuk gendhing-gendhing yang diyanyikan. Bahkan sejumlah orang yang hadir, juga berdiri ikut menari mengikuti irama musik yang dikumandangkan.

Kesenian Angklung Banyuwangi yang dikembangkan Anggota ISG Riau. (Foto: istimewa)
Kesenian Angklung Banyuwangi yang dikembangkan Anggota ISG Riau. (Foto: istimewa)

Sambutan Ketua Umum ISG pusat Amma Kusbani, menekankan pentingnya pembinaan bagi generasi penerus masa Depan ISG.

“Saat ini telah digagas untuk wadah komunikasi dan informasi anak-anak muda. Jebeng lan Tholik di Sumatera dengan membuatkan wadah yang disebut ISG TENNS. Diharapkan forum ini bisa digerakkan sesegera mungkin oleh Bidang Kaderisasi ISG Pusat oleh Mang Mohamad Iswan  dan kawan-kawan,” ujar Kang Amma Kasbani yang asli Srono tersebut.

Akhir acara, diisi ceramah dan siraman rohani yang disampaikan oleh seorang Ustadz. Intinya dalam tausyiah tersebut, sang ustadz menyinggung pentingnya menjaga silaturahim dan memperbanyak amal shalih khususnya bagi warga ISG yang hadir siang itu.

Emak-Emak Anggota ISG Riau bersemangat dalam menjalin silaturahmi. (Foto: istimewa)
Emak-Emak Anggota ISG Riau bersemangat dalam menjalin silaturahmi. (Foto: istimewa)

Rangkaian acara demi acara berlangsung dengan baik, saat hari sudah menjelang sore, para hadirin berpamitan pulang ke daerah masing masing. Mereka terlihat lega bertemu dengan saudara sesama Banyuwangi, meski harus meninggalkan tempat tinggalnya. Saudara-saudara ISG Riau dari berbagai Kabupaten dan Kota, kembali melakukan aktifitas rutin sesuai profesinya masing masing.

Sampai jumpa pada pertemuan rutin berikutnya, rencna akan digelar di Kabupaten Siak, dalam acara “Muludan Adat Using”

(Penulis: Herry Susanto, Sekjen ISG Pusat di Pekanbaru Riau. Asal Lemahbang Dewo, Rogojampi)

Redaksi menerima tulisan dari para Netizen, tentang apa saja asal tidak mengandung sara dan ujaran kebencian. Mulai dari Wisata, Kuliner atau cerita perjalanan. Bisa dikirim lewat email redaksi@kabarbanyuwangi.co.id atau melalui WhatsApp (WA) +6289682933707, beserta foto dan keterangannya. Terimakasih.

 

_blank

Kabar Terkait