oleh

Jalan Menuju TWA Gunung Ijen Longsor, Pengendara Diminta Hati-hati

KabarBanyuwangi.co.id – Akibat diguyur hujan lebat seharian, jembatan di kawasan Banyu Linu, tepatnya di barat erek-erek munuju Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Ijen, Kecamatan Licin, Banyuwangi, ambrol tergerus longsor, Selasa (7/7/2020).

Beruntung, musibah longsor ini tidak sampai menelan korban. Hanya saja, jalan menuju Gunung Ijen saat ini hanya bisa dilewati oleh satu kendaraan saja secara bergantian.

Komandan Posramil Licin, Peltu Agus Sugiarto menerangkan, longsor disebabkan intensitas hujan cukup tinggi. Selain itu, jembatan di bawah jalan yang longsor juga banyak tersumbat ranting kayu saat hujan terjadi hingga membuat air tak bisa leluasa mengalir.

“Hampir separo jalan longsor. Ini akibat hujan lebat yang terjadi seharian kemarin. Banyak pohon yang menyumbat jembatan juga menjadi penyebab jalan jadi longsor. Jalan sementara masih bisa dilewati mobil. Tapi harus gantian gak bisa dibuat salipan,” kata Peltu Agus.

Baca Juga: Kawah Ijen Mulai Simulasi Pra Kondisi Tatanan Baru atau New Normal

Baca Juga: Kasdim 0825 Bantu Keluarga Korban Tenggelam di Kawah Ijen

Setelah menerima laporan terjadi longsor, pihak Forpimka Licin langsung menuju ke lokasi kejadian. Sebagai langkah antisipasi, untuk sementara, lokasi longsor diberi garis kuning agar pengguna jalan tidak terjerambab masuk ke dalam longsoran tanah.

“Babinkamtibmas dan Babinsa Kecamatan Licin tadi sudah ke lokasi, dan langsung kita pasangi garis kuning. Longsoran sangat dalam sekitar 3 meter lebih,” tambah Peltu Agus.

Adanya longsoran di jalan menuju Taman Wisata Alam, kawah Gunung Ijen, masyarakat diminta untuk hati-hati, terlebih saat melintasi kawasan Banyu Linu pada malam hari.

“Perbaikan jalan masih menunggu pihak terkait. Masyarakat harus hati-hati kalau melintas di kawasan tersebut. Lokasi longsoran tepatnya berada di barat kawasan erek-erek,” pungkas Peltu Agus. (man)

_blank

Kabar Terkait